Unitri Latih Puluhan Dosen Jadi Penulis Buku Ajar
Cari Berita

Advertisement

Unitri Latih Puluhan Dosen Jadi Penulis Buku Ajar

21 Des 2019

Para Peserta Workshop Penulisan Buku Ajar Universitas Tribhuwana Tunggadewi Bergambar Bersama Dengan Pembicara / Foto : DvM
Indikatormalang.com Universitas Tribhuwana Tunggadewi melalui Unit Pelaksana Teknis Penerbitan dan Jurnal Ilmiah (UPT PJI) menyelenggarakan Workshop Penulisan Buku Ajar, Sabtu (21/12/19).

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas Dosen dalam menghasilkan karya ilmiah sebagai salah satu media untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan secara nasional maupun internasional," terang Kepala UPT PJI Unitri, Rona Sari Minhaji Putri.

Hadir sebagai mentor Cakti Indra Gunawan, direktur Pasca Sarjana Unitri dan Abdurrachman Sofyan, Redaksi Senior Intrans Publishing.

Para mentor mengajak para peserta untuk memahami dasar-dasar penulisan buku ajar untuk perguruan tinggi. Selain itu, peserta juga diajak untuk praktek langsung mengembangkan kerangka kerja penulisan.

"Buku yang berkualitas dan dapat diterima oleh publik adalah buku yang memiliki kekhususan dibanding buku-buku yang sejenis," urai Abdurrachman di depan peserta workshop.

"Penting bagi kita memahami pola, kriteria, dan ciri khas penerbit yang dituju. Karena masing-masing penerbit memiliki syarat dan ketentuan yang seringkali tidak sama. Itu perlu diperhatikan oleh penulis, sehingga bisa diterima oleh penerbit bereputasi dan publik," tambah Abdurrachman.

Sementara Cakti dalam pemaparannya menekankan pentingnya penulis buku untuk memperhatikan substansi isi buku.

"Buku ajar yang baik harus ada glosarium, indeks, Daftar Pustaka, dan Biodata Penulis," terang Cakti kepada peserta.

Workshop penulisan buku ajar tersebut diikuti oleh puluhan dosen di linngkungan civitas akademika Universitas Tribhuwana Tunggadewi.