Lookh Mahfudz ; Perencanaan Pembangunan Kota Malang 2020 Jangan Mengulangi Kesalahan
Cari Berita

Advertisement

Lookh Mahfudz ; Perencanaan Pembangunan Kota Malang 2020 Jangan Mengulangi Kesalahan

8 Des 2019

Foto. (Lookh Mahfudz, Anggota DPRD Kota Malang Periode 2019 - 2024 Fraksi PAN)

Indikatormalang.com - Kota Malang telah memutuskan dokumen perencanaan untuk TA 2020 pada (4/11) lalu. Minggu, (8/12/2019)

Informasi ini dihimpun pewarta melalui status akun media sosial salah satu anggota DPRD Kota Malang Fraksi PAN Lookh Mahfudz.

Dalam satatusnya, Lookh Mahfudz yang diberi judul refleksi 2019 ini menyampaikan bahwa perencanaan untuk TA 2020 per 4 Noveber 2019 ini Sempat menuai banyak catatan dari evaluator Gubernur. 60an lembar halaman yang terbagi dalam beberapa item.

"Seringkali kesalahan berulang disebabkan lemahnya perencanaan, bahkan tak memiliki kesadaran meng-evaluasi diri terhadap apa yang telah dilakukan sebelumnya. Hampir kesalahan yang sama terjadi, dan hanya berganti subyek pelakunya", ujar Mahfudz.

Mahfudz juga menerangkan bahwa Evaluator memandang, proses yang dilakukan pemda dalam penyusunan- RPJMD, RKPD, KUA PPAS DAN RANPERDA- bersama DPRD kota Malang tepat waktu. Dari sisi tahapan terlampaui sesuai perencanaan.

Sambungnya, "namun dalam item berikutnya banyak hal yang perlu diperbaiki. Utamanya dalam sinkronisasi program pusat dan daerah, serta kegiatan yang selaras dengan visi misi walikota dalam RPJMD" pungkasnya.

Menurut Mahfudz, "DPRD periode 2019- 2024 masuk pembahasan di saat sudah diputuskan KUA PPAS TA 2020. Periode ini hanya meneruskan ke tahap berikutnya yaitu; tahap pembahasan raperda APBD 2020. Tentu bila dianggap kurang dari harapan, karena memang lebih ditentukan waktu dan kondisi. Harap dimaklumi, situasi dewan transisional dan materi bahasan perlu pengawasan detail yang harus didukung dokumen sebelumnya".

Pada akhir penyampaiannya Anggota DPRD Fraksi PAN ini menerangkan bahwa, Anggota DPRD tentu tak boleh memisahkan diri dari masyarakat pemilihnya. Sehingga saat reses yang akan dilakukan mulai tanggal 16 sd 21 desember, adalah saat dimana Dewan dan Masyarakat bertemu untuk mendapatkan aspirasi untuk bahan pokok pikiran ( materi pembangunan ) untuk 2021. Mari berpartisipasi untuk pembangunan dengan menghadiri reses anggota dewan. (Jab)