Lantik 240 Kades Terpilih, Bupati Pasuruan Titip 7 Pesan Khusus
Cari Berita

Advertisement

Lantik 240 Kades Terpilih, Bupati Pasuruan Titip 7 Pesan Khusus

31 Des 2019

Foto: Para Kades Berpose di Sela - Sela Pelantikan

Indikator Malang.com - Sejumlah 240 Kepala Desa (Kades) Terpilih hasil pemungutan suara pada tanggal 13 November 2019 lalu, di Kabupaten Pasurun resmi dilantik. (30/12/2019)

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf. Hadir pula dalam acara tersebut, diantaranya Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron; Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan beserta Wakil Ketua, Andri Wahyudi; Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf dan pengurus lainnya; anggota Forpimda (Forum Pimpinan Daerah) hingga seluruh keluarga dan pendukung kades terpilih.

Menariknya, ada tiga kepala desa yang termuda dan tertua serta yang mempunyai DPT terbanyak se Jawa Timur yang sukses mengalahkan para pesaingnya. Mereka adalah Randi Saputra 30 tahun Kecamatan Gempol Desa Kejapanan, Muhammad Yajid Hasani, Kepala Desa Sukorame, Kecamatan Sukorejo yang masih berusia 26 tahun, dan Wasimun, Kepala Desa Gunting, Kecamatan Sukorejo yang sudah berusia 68 tahun .

Kepada awak media, Yajid mengaku tak menyangka dirinya bisa dipilih oleh seluruh warga Desa Sukorame hinga akhirnya dilantik langsung oleh Bupati Irsyad Yusuf.

“Jabatan ini adalah amanah. Insya Allah saya akan berjuang membawa kemajuan desa yang saya pimpin ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Randi Saputra (30) Kepala Desa Kejapanan kepada pewarta Pegonnews.online mengucapan terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah berperan atas kemenangannya pada Pilkades di Kejapanan tahun ini.

Randi Saputra (Kades Kejapanan)

"Terimakasih tak terhingga saya ucapkan kepada orang tua saya, istri, anak, saudara, tim sukses pemenangan, sahabat - sahabat saya dan semua yang tak bisa saya sebutkan satu persatu, yang selalu mendukung  mendoakan perjuangan ini mulai dari awal pencalonan sampai saya bisa diberikan amanah dan kepercayaan oleh masyarakat Desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan untuk memimpin Desa kelahiran saya serta dilantik menjadi Kepala Desa Kejapanan Periode 2019-2025." pungkasnya.


Sambungnya, "Dengan segala kerendahan hati saya memohon Doa Restu, arahan dan bimbingannya selalu agar kedepan saya bisa mengemban Amanah ini dengan sebaik-baiknya dan menjadikan Kejapanan Maju Desanya, Sejahtera Warganya", Pungkas Kades Kejapanan Terpilih yang juga merupakan  Alumni Pondok Modern Gontor ini.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf dalam sambutannya menitipkan 7 pesan khusus untuk seluruh kepala desa terpilih Periode 2019-2025. Ketujuh pesan itu diantaranya:

Pertama, Kepala Desa harus mampu mewadahi serta mengakomodir serta melayani aspirasi masyarakat. Tidak memilah dan memilih dalam memberikan pelayanan dan pengabdian.

Kedua, Kepala Desa harus bisa merangkul seluruh kepentingan masyarakat untuk selanjutnya menyelaraskan kembali agar menjadi alunan nada yang indah dalam membangun kebersamaan.

Ketiga, Kepala Desa harus mampu menjadi pengayom yang melindungi dan menciptakan rasa aman di seluruh lapisan masyarakat. Harus bisa berperan sebagai bapak, saudara dan teman.

Keempat, Kepala Desa harus mampu bekerja keras dan terus belajar. Tidak boleh merasa cepat puas dengan apa yang telah dicapai.

Kelima, Kepala Desa harus mau melebur dengan masyarakat yang dipimpinnya. Mampu menyelami karakter dan kehendak masyarakat, sehingga program-program pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan betul-betul sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat.

Keenam, Kepala Desa harus memiliki karakter keberanian dan kebanggaan untuk tampil di depan sebagai contoh dan tauladan yang baik bagi desa-desa yang lain.

Ketujuh, Kepala Desa harus selalu mengedepankan prinsip-prinsip oengelolaan keuangan yang baik dalam pelaksanaannya. Prinsip transparansi, efektivitas dan pertanggung jawaban adalah prinsip yang harus dipegang teguh dalam menjalankan pengelolaan keuangan di desa.

Tak hanya kepala para kepala desa, Bupati Irsyad juga berpesan kepada para istri kepala desa selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa. Pesannya adalah agar senantiasa memberikan dukungan dan motivasi. Utamnya terkait dengan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang, sehingga dapat memberikan kontribusi di bidang peningkatan perekonomian masyarakat. Sebagaimana yang dikutip dari pegonnews.online.

“Di balik kesuksesan kepala desa, ada peran istri di belakangnya. Jangan lupa akan hal itu. Istri kepala desa jangan kalah dalam berinovasi. Memberikan ide segar dalam membantu program-program suaminya. Mari kita bangun desa kita masing-masing, karena tolok ukur keberhasilan suatu daerah tergantung dari keberhasilan desa-desa,” tegasnya. (IM/Jab)