Pemkot Batu Tolak Rencana Pembangunan Tol Pasuruan - Kediri
Cari Berita

Advertisement

Pemkot Batu Tolak Rencana Pembangunan Tol Pasuruan - Kediri

5 Nov 2019

Ilustrasi, Tol Pandaan - Malang / Foto : Ist.
Indikatormalang.com - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko tegas menolak rencana pembangunan tol Pasuruan - Kediri yang rencananya akan dibangun mulai tahun 2020.

Menurutnya, keberadaan tol yang melintasi kota Batu dikwatirkan akan memperlambat laju pertumbuhan ekonomi Kota Batu. Jika tol sudah jadi, kota Batu hanya akan menjadi wilayah transit saja.

"Kalau ada tol, banyak daerah yang dilewati cenderung bakal mati, salah satu contohnya kawasan Madiun. Cukup banyak UMKM di Madiun, yang terpaksa tutup karena pembangunan tol," urai Dewanti

"Kami ingin belajar dari kejadian tersebut. Kami tidak ingin seperti itu. Mengurai kemacetan solusinya bukan hanya tol saja, masih banyak cara lain yang bisa dikolaborasikan dengan upaya mempeecepat pertumbuhan ekonomi," pungkas Dewanti.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Indikator Malang, guna mengurai kemacetan, pihak Pemkot Batu telah mengajukan solusi kepada Gubenur Jawa Timur dengan cara melakukan pelebaran jalan.

Dengan adanya pelebaran jalan, harapannya bisa menampung jumlah volume kendaran yang ingin berkunjung ke Kota Batu, sehingga bisa menggenjot pertumbuhan ekonomi lokal Kota Batu.