PT. Petrokimia Gresik Gelar Jambore Petani Muda di UB
Cari Berita

Advertisement

PT. Petrokimia Gresik Gelar Jambore Petani Muda di UB

19 Sep 2019


Foto Bersama Narasumber dan peserta Jambore Petani Muda di Aula Fakultas Pertanian UB

Indikatormalang.com Mengusung tema "Agrosociopreneur untuk kemajuan dan keberlangsungan Pertanian Indonesia", PT. Petrokimia Gresik hari ini sukses gelar Jambore Petani Muda 3 di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Rabu, (19/09 2019). 

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Talk Show ini tampak sukses menyajikan suasana ilmiah dan meriah karena menghadirkan pembicara - pembicara handal dan kompeten dalam bidang pertanian yakni Dr. Ir. Damanhuri, MS. (Dekan Fakultas Pertanian Univ. Brawijaya), Nanda Putra (CEO Tanijoy), Edy Lusi (Petani Sukses Buah Naga) serta Junianto (PT. Petrokimia Gersik).

Dr. Ir Damanhuri  dalam penyampaiannya berharapa agar kegiatan ini dapat diselenggarakan hingga cita - cita nasional mandiri pangan dapat tercapai.

"Semoga kegiatan Jambore Petani Muda ini dapat terus berlangsung hingga cita-cita skala nasional yaitu mandiri pangan dapat terwujud sepenuhnya. Mari bersama - sama bergerak membawa petani - petani indonesia menjadi petani yang maju".


Dalam kesempatan yang sama, Edy Lusi selaku petani sukses dengan komoditi buah naga mengatakan bahwa setiap orang paling tidak dapat mengembangkan potensi pertaniannya dengan komoditas yang unggul di wilayahnya.

“Komoditas Buah Naga memang menjadi komoditas yang sangat berpotensi untuk wilayah saya, tetapi lebih besar dengan potensi komoditi di wilayah lain, tentu wilayah lainpun punya potensi komoditas pertanian yang besar. Maka dari itu, tanamlah komdistas sesuai potensi dan peluang berdasarkan masing - masing wilayah," Pungkas petani Buah Naga asal banyuwangi ini.

Sambungnya, "saya sekian tahun bertani dan merasakan betul peran Petrokimia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di sektor pertanian. Memang terbukti mas, sebagai PT yang dinaungi langsung Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT. Petrokimia sudah banyak membantu kami kaum tani," Ujuar Edy di akhir wawancara bersama awak media.

Sementara itu, Perwakilan dari PT. Petrokimia Gresik, Junianto, juga mengajak Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya agar berani untuk memulai untuk menjadi seorang Agrosociopreneur. “Modal utama sekaligus kunci dari kesuksesan adalah harus berani memulai," ungkapnya.

Pendiri Tanijoy Nanda Putra juga mengajak agar mahasiswa Fakultas Pertanian yang hadir serta seluruh pemuda Indonesia agar dapat mengambil peran dalam pertanian di Indonesia.

Sekitar "60 persen petani kita (Petani Indonesia) adalah orang tua, sementara  petani muda saat ini sangat sulit dijumpai.Maka, anak muda harus sudah waktunya turun dan ambil bagian dalam dunia pertanian dan menemukan passionnya disana," ujar Nanda di akhir penyampaiannya.

Kegiatan Jambore Petani Muda ini usai pada Pukul 11. 40 siang dengan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta dan narasumber. (Jab)