Berdayakan UMKM, Dosen Uniga Latih Produsen Coklat Tingkatkan Produktivitas
Cari Berita

Advertisement

Berdayakan UMKM, Dosen Uniga Latih Produsen Coklat Tingkatkan Produktivitas

3 Sep 2019

Tim PKM Universitas Gajayana Malang Menyerahkan Bantuan Alat Produksi kepada Mitra / Foto : DvM
Indikatormalang.com Dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat, dua dosen dari Universitas Gajayana melatih sekaligus membina produsen Coklat Crepes untuk meningkatkan produktivitas produksi dan pemasaran.

Untuk kegiatan PKM tersebut, kegiatan pengabdian dilakukan di tempat produsen Coklat Elia Jaya, Bululawang Kabupaten Malang, Rabu (19/6/19).

"Kami memilih Elia Jaya sebagai mitra dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya, usaha ini masih merupakan usaha rintisan yang perlu didukung berbagai pihak, termasuk dari akademisi seperti kami," ungkap ketua tim PKM, Mitha Endah Aprilia.

Sementara, Yeni Tata Rini, salah satu anggota dari tim PKM mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tridharma Perguruan tinggi yang wajib dilakukan oleh dosen.

"Ini merupakan bentuk sinergi yang saling menguntungkan, ada sharing knowledge dan sharing practice dalam kegiatan tersebut. Mitra mendapat pengetahuan dan skill, sementara kami mendapat pengalaman," urai Yeni kepada Indikator Malang.

Dalam kegiatan tersebut, mitra mendapat pelatihan khusus tentang e commerce, menajemen sumberdaya manusia, dan menajemen organisasi. Pelatihan dan pembinaan tersebut berlangsung selama beberapa bulan.

"Kami sangat terbantu dengan program ini. Ada pengalaman baru, dan ini perlu dicoba. Saya harap model kerjasama seperti ini bisa terus dilakukan di tahun berikutnya," terang pemilik usaha Coklat Crepes, Elia Jaya.

Selain mendapatkan pelatihan, mitra juga mendapatkan bantuan sejumlah alat produksi agar bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produksi. Mitra menerima lemari es,Etalase,kompor gas, blender,mixer, dan beberapa peralatan yang dipergunakan untuk membuat coklat