Sosialisasi Teknologi Mina Padi, Mahasiswa Gandeng Dua Dinas Kabupaten Malang
Cari Berita

Advertisement

Sosialisasi Teknologi Mina Padi, Mahasiswa Gandeng Dua Dinas Kabupaten Malang

1 Agu 2019


Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang di Desa Brongkal, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang mengadakan Sosialisasi Teknologi Mina Padi dengan penyuluh dengan mejalin kerjasama dengan Dinas Perikanan dan Dinas Pertanian Kabupaten Malang. Rabu, (24/7/2019)

Kegiatan yang merupakan salahsatu program kerja Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 38  ini dilakukan untuk mengembangkan potensi Desa Brongkal yang berupa lahan pertanian dan sumber air. Sasaran dari program ini antara lain Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) dan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Brongkal.

Sebagaimana informasi yang disampaikan oleh Serly salahsatu anggota KKN 38 kepada pewarta.  "kegiatan ini diawali dengan materi teknologi mina padi yang disampaikan oleh Bu Nisma Nurilla tim penyuluh dari Dinas Perikanan Kabupaten Malang dengan materi yant terdiri dari pengenalan Teknologi Mina Padi hingga teknik penerapan Teknologi Mina Padi".

Sambungnya, "selanjutnya di materi yang kedua itu pembahasan mengenai sistem Tanam Padi Jajar Legowo oleh Bu Winarni tim Penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Malang. Materi yang disampaikan beliau mulai dari teknik penanaman Jajar Legowo hingga manfaat penerapan sistem Jajar Legowo untuk perkembangan hasil panen", Ujarnya.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Mahasiswa dengan Dosen Pembina KKN (DPM) Irfan ini mendapatkan antusiasme warga yang sangat tinggi.Tampak warga tidak bosan - bosan berdiskusi sebagai tanda ketertarikan dengan teknologi mina padi dan sistem tanam Jajar Legowo yang dikenalkan oleh pemateri.

Di akhir kegiatan ini, Kelompok Tani diharapkan dapat menerapkan teknologi yang sudah dikenalkan untuk mengembangkan lagi potensi Desa Brongkal dan meningkatkan pendapatan Petani untuk kesejahteraan masyarakat desa.


Reporter:  SRL
Editor     :   Jab
Redaksi  :   Jab