Sedekah Bumi dan Kirab Bersih Dusun Bumirejo Bersama Kelompok KKN 99 UMM
Cari Berita

Advertisement

Sedekah Bumi dan Kirab Bersih Dusun Bumirejo Bersama Kelompok KKN 99 UMM

2 Agu 2019

Ket. Peserta KKN 99 berpose dalam persiapan kegiatan kirab dan bersih desa (Doc.kkn99umm)

Warga Dusun Bumirejo Desa Kebobang Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Jawa Timur telah menggelar kirab dalam rangka bersih dusun dan sedekah bumi, Rabu (31/7). Kegiatan ini  merupakan ritual rutinan dalam rangka menjauhkan musibah yang tidak diinginkan serta berharap masyarakat Dusun Bumirejo menjadi lebih makmur. Jumat (02/08/2019)

Kepala Dusun Bumirejo, Joko Susianto sebagaimana kabar yang dihimpun awak mendia mengungkapkan " saya sangat berterimakasihnya kepada seluruh warga yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini serta bersyukur kepada Allah SWT atas nikmat dan ridhonya yang diberikan kepada kami sehingga seluruh acara menjadi lancar, aman terkendali. Inilah harapan semua warga Dusun Bumirejo.” ungkap Joko.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pawai budaya yang diisi dengan berbagai tarian baik itu Tradisional dan juga modern. Pawai Budaya ini dimulai pada pukul 14.00 sampai dengan 20.00. Kirab bersih dusun ini pun diakhiri dengan pagelaran wayang oleh Ki Hadi Siswoko yang berlangsung hingga dini hari.

Dalam Kegiatan ini, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 99 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) juga terlibat aktif dalam menyukseskan kirab bersih dusun yang dirangkaikan dengan karnaval kebudayaan. Beberapa Mahasiswa-mahasiswi yang tergabung dalam kelompok KKN tersebut bahkan menjadi talent dalam beberapa kelompok karnaval yang dibagi berdasarkan Rukun Warga (RW). Beberapa Mahasiswa -mahasiswi tersebut menjadi penari dalam karnaval yang berlangsung dengan meriah.

Pertujukan Wayang Kulit pada kegiatan KKN99UMM

Kanzi Haikal Yusar selaku Koordinatior Hubungan Masyarakat mengungkapkan bahwa karnaval ini menjadi ajang pendekatan Mahasiswa-mahasiswi KKN yang selanjutnya mampu meleburkan Mahasiswa-mahasiswi kelompok KKN 99 kedalam masyarakat. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan ini memerlukan waktu persiapan yang cukup panjang yang dimulai dari awal pelaksanaan program KKN 99.

Selain itu, Haikal juga mengapresiasi kegiatan kirab bersih Dusun ini yang berjalan dengan sangat meriah dan bisa berjalan lancar tanpa ada insiden yang berarti.

Reporter: FH
Editor     : Fitrah
Pemred  : Jab