Mural Lingkungan Cara Kelompok Mahasiswa ini Tarik Wisatawan Telaga Buret
Cari Berita

Advertisement

Mural Lingkungan Cara Kelompok Mahasiswa ini Tarik Wisatawan Telaga Buret

7 Agu 2019

Doc (KKN 74 Tulungagung)

Tulungagung- Seni mural memang begitu menakjubkan. Menggunakan media berupa tembok seniman melukis mural yang dapat membuat suasana sekitar menjadi lebih hidup. Mural yang sering kita jumpai di jalanan, bawah jembatan, atau rumah-rumah kosong selalu memiliki makna dan sebuah cerita.

Baru-baru ini Mahasiswa KKN kelompok 74 Universitas Muhammadiyah Malang di Desa Sawo Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung dibawah bimbingan Ganjar Adhywirawan S, S.Pi., M.P, punya cara unik untuk menarik wisatawan berkunjung ke Telaga Buret. Mereka menggambar mural. Mural yang mereka gambar bertemakan lingkungan.

Penanggung Jawab “Program Enggal Sawo” Divisi Lingkungan Oktavia Septiari menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk pembahuran dinding telaga buret dengan pembuatan mural dan spot foto pada dinding telaga buret.

Oktavia mengatakan, pembuatan mural ini bertepatan di tempat wisata Telaga Buret dan memakan waktu 10 hari dengan melibatkan anggota kelompok KKN 74 UMM. Pelaksanaan ini dimulai dari pengerokan dinding, pengecatan sebagai dasar dinding, pembuatan sketsa gambar, dan proses pengecatan.

“Tujuannya dapat menghilangkan kesan kumuh pada tembok sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Telaga Buret, menciptakan ikon destinasi wisata baru serta ruang sosial yang humanis, interaktif, edukatif, dan inspiratif di Wisata Telaga Buret serta dapat menyegarkan kembali keadaan tempat wisata yang sudah rusak karena terkikisnya cat” katanya.

Melalui program Enggal Sawo ini, para anggota KKN 74 UMM menghias tembok-tembok di sepanjang dinding Wisat Telaga Buret. Sekitar 30 orang anggota KKN 74 UMM ikut terlibat dalam pembuatan mural di dinding sepanjang 40 meter itu.

Keberadaan mural yang tersaji di dinding tembok Wisata Telaga Buret ini disambut hangat oleh POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata). Karsi Nero S selaku ketua kempok sadar wisata berharap, kedepannya dengan adanya mural ini dapat menarik perhatian wisatawan sehingga dapat menaikkan destinasi Wisata Telaga Buret ini.

Reporter : Ranita Musilafona
Editor      : Jab
Redaksi    : Indikatormalang.com