Mengembangkan Potensi Pelajar KKN 74 UMM mengadakan peresmian Hutan Baca Corner dan LCC
Cari Berita

Advertisement

Mengembangkan Potensi Pelajar KKN 74 UMM mengadakan peresmian Hutan Baca Corner dan LCC

7 Agu 2019

Doc (KKN 74 Tulungagung)

Indikatormalang.com - Tulungagung, Minggu, 04 Agustus 2019 lalu, berlokasi di Telaga Buret, Desa Sawo, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung KKN 74 UMM lakukan kegiatan Peresmian Hutan Baca Corner serta adakan Lomba Cerdas Cermat (LCC) kata Jovanka selaku ketua pelaksana.

Telaga Buret adalah salah satu spot wisata yang terdapat di Desa Sawo, Kec. Campurdarat, Kab. Tulungagung yang dimana tempat wisata Telaga Buret tersebut  menyajikan keindahan alamnya seperti Telaga dengan air yang berwarna biru dan masih terdapat beberapa hewan yang dibiarkan lepas ke alam seperti monyet dan rusa.

Kata Jovanka dan Farid selaku anggota dari divisi pendidikan, “Hutan Baca Corner dan Lomba Cerdas Cermat ini merupakan program kerja yang diunggulkan dari divisi tersebut”.

Pendirian Hutan Baca Corner (HBC) oleh mahasiswa KKN 74 Universitas Muhammadiyah Malang ini bertujuan untuk menjadikan Telaga Buret bukan hanya menjadi sebatas tempat wisata yang perlu dinikmati keindahannya, akan tetapi bisa juga dijadikan sebagai tempat wisata beredukasi dimana pengunjungnya bisa besantai menikmati keindahan alam yang disajikan oleh Telaga Buret sambil membuka wawasan dan mengisi kekosongan waktu dengan membaca buku-buku yang sudah. Mahasiswa KKN 74 Universitas Muhammadiyah Malang menggunakan posko penjaga yang berukuran cukup besar sebagai “perpustakaan” untuk meletakkan buku-buku.

Posko yang dihias sedemikian rupa agar memilik suasana yang lebih fresh dan serasa seperti berada di perpustakaan tengah hutan. Waktu pembuatan Hutan Baca Corner ini membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu, dengan menggunakan beberapa dekorasi dan hiasan dari barang-barang bekas seperti, botol air mineral bekas, menggunakan kayu sisa dari penebangan yang di dapat dari masyarakat sekitar lokasi KKN, juga menggunakan kerikil untuk melengkapi kreativitas dari Hutan Baca Corner itu sendiri, ujar Farid selaku penanggung jawab proker Hutan Baca Corner.

Selanjutnya pada siang hari dilanjutkan dengan kegiatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) yang dihadiri oleh 38 peserta dari yang ditargetkan berjumlah 45 peserta, terdiri dari beberapa sekolah yaitu SD Negeri 01 Sawo, SD Negeri 02 Sawo dan MI Ummul Ahyar. Seluruh peserta yang mengikuti lomba tersebut dari siswa-siswi kelas VI sederajat.

Doc (KKN UMM 74 Tulungagung)


Ditambah lagi, soal yang diberikan oleh panitia lomba berkisar antara pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial serta Matematika dasar. Empat babak yang harus dilewati oleh peserta lomba yaitu, babak 1 dan 2 dimana dicari 15 besar agar dapat lanjut ke babak semifinal dengan tingkatan soal yang easy (mudah) dan pada babak semifinal akan dicari 10 besar dengan tingkat soal medium serta babak terakhir yang diikuti 5 besar dengan tingkatan soal yang hard (sulit). LCC merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dari peserta didik yang ada terdapat di sekolah Desa Sawo tersebut, ujar Jovanka.

Peresmian Hutan Baca Corner (HBC) serta Lomba Cerdas Cermat (LCC) dihadiri oleh DPL KKN 74 Universitas Muhammadiyah Malang yaitu Ganjar Adhywirawan serta beberapa TPL dan BPD yang ada di Desa Sawo. Atas kerjasama anggota KKN 74 kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Harapannya kegiatan HBC dan LCC dapat memberikan manfaat bagi anak-anak yang ada di Desa Sawo, kata Jovanka dan farid.

Reporter: Retna Reviana
Editor     : Jab
Pemred   : Damanhury Jab