Mahasiswa UMM Ajari Kader Kesehatan Desa Melek Manajemen Obat
Cari Berita

Advertisement

Mahasiswa UMM Ajari Kader Kesehatan Desa Melek Manajemen Obat

1 Agu 2019


Divisi Kesehatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 24 Tajinan gelar Pelatihan Kader Kesehatan Masyarakat dengan tema “DAGUSIBU Strategi Cerdas Manajemen Obat”. Bertempat di kantor Desa Gunungronggo Kecamatan Tajinan, kegiatan ini diikuti oleh Kader Kesehatan dan seluruh Kader PKK Desa Gunungronggo pada pukul 08.00 WIB. Kamis, (01/08/2019).

Diawali dengan senam DAGUSIBU yang dipimpin langsung oleh Alfy Afifa serta anggota KKN 24. Para peserta sangat antusias mengikuti senam tersebut.

Alfy Afifa At-thakirah, S.Farm., Apt, yang juga merupakan Apoteker muda selaku pemateri pada pelatihan ini menjelaskan mengenai DAGUSIBU. Menurut Alfy DAGUSIBU adalah suatu program untuk memperkenalkan kepada masyarakat dalam beberapa elemen, diantaranya dapatkan gunakan simpan buang obat yang baik dan benar.


Jadi, “tujuannya adalah memperkenalkan kepada masyarakat bagaimana kedepannya cara mengolah obat mulai dari mendapatkan sampai membuangnya seperti apa supaya nantinya tidak bisa disalahgunakan, efektifitasnya dan khasiatnya terjaga dan tidak membahayakan mereka”, paparnya.

Dalam kegiatan ini para peserta diperkenalkan jenis-jenis obat dan diajarkan cara menggunakan obat yang dipandu oleh divisi kesehatan KKN serta dibimbing langsung oleh Ibu Alfy Afifa.

“Manfaat dari pelatihan ini bahwa obat-obatan itu akan digunakan dengan baik dan benar sehingga khasiatnya akan maksimal, efek samping dan hal-hal yang berbahaya dan tidak diinginkan itu tidak akan terjadi karena sudah tau caranya seperti apa”. Ujar Apoteker kelahiran Lumajang tersebut.

Ketua Divisi Kesehatan KKN 24 Tajinan, Alif Basor Aminudin Listawan berharap agar pelatihan ini bisa bermanfaat bagi kader Kesehatan dan para kader ibu PKK serta masyarakat Desa Gunungronggo pada umumnya nanti. “Harapannya melalui pelatihan ini para kader Kesehatan dan anggota PKK Desa Gunungronggo dapat berperan aktif dalam memberikan wawasan seputar obat dan penggunaannya kepada masyarakat secara umum. Terutama melek terhadap bagaimana cara memanajamen obat”, pungkas Mahasiswa Kedokteran UMM ini.

Senada dengan itu, Endang Salah satu kader PKK Desa Gunungronggo yang mengikuti pelatihan ini mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi Kader-kader ibu PKK Desa Gunungronggo. “sangat bermanfaat sekali, karena dalam anggota kami ini mungkin masih banyak ibu-ibu yang belum mengerti dengan hal ini. Nah, dengan adanya pelatihan ini kita mendapatkan pengetahuan serta wawasan sangat bagus dan bermanfaat, Soalnya dalam hal obat-obat dalam masyarakat kami masih banyak yang belum mengerti cara penggunaan” jelasnya.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cindramata, sesi foto bersama dan makan siang bersama yang diikuti sholat dzuhur berjamaah setelahnya.

Reporter: Humas KKN 24
Editor : Rama Kusnadi
Redaksi: Jab