Maba Fidkom UIN Jakarta Tabur Bunga Di Rektorat, Ada Apa?
Cari Berita

Advertisement

Maba Fidkom UIN Jakarta Tabur Bunga Di Rektorat, Ada Apa?

29 Agu 2019

doc.pribadi

Indikatormalang-com - Ratusan mahasiswa baru (maba) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fidkom) mendatangi rektorat membawa spanduk dan yel-yel. Ini bukanlah bagian dari rangkaian Pengenalan Budaya Akademis dan Kampus (PBAK). Mereka membawa beberapa tuntutan kepada rektorat untuk tegas mengusut kekerasan fisik akibat gesekan antar maba di lapangan Triguna saat PBAK Univesitas bertangsung, Kamis (29/8).

Sebagian mahasiswa melakukan teatrikal dalam bentuk adegan kekerasan dan menabur bunga sebagai simbolitas kematian kepedulian pihak kampus. Sebelumnya, mahasiswa Fakultas Fidkom didapati mengalami cidera di beberapa bagian tubuh bahkan sampai harus dibantu panitia dari lapangan untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan dari gesekan antar maba.


doc.pribadi

Muhammad Tsani Irsyadi selaku Presiden Dewan Mahasiswa Fidkom menjelaskan aksi maba ini bentuk dari penolakan anarkisme di dalam kampus. Menurutnya, mereka (maba) tidak sepantasnya dipertontokan tindakan tersebut dan hal demikian dapat membuat optimisme pada kampus UIN Jakarta berkurang.

“Aksi damai ini meminta dengan tegas rektorat tegas mengembalikan citra kampus UIN Jakarta sebagai kampus peradaban bukan kererasan,” terangnya

Pihak rektorat dalam sebuah tuntutan dianggap kurang terbuka dalam proses pengambilan keputusan penting yang berkaitan langsung dengan mahasiswa. Bahkan ada sikap pilih-pilih dalam memberikan sikap.

“Kampus lain sudah banyak meberikan karya pada saat pengenalan kampus, di UIN Jakarta sebaliknya adegan kekerasan lebih dominan dipertontonkan,” imbuhnya. [Mq]