HMI Pilihanku "HMI Is My Choice"
Cari Berita

Advertisement

HMI Pilihanku "HMI Is My Choice"

21 Agu 2019

Foto Penulis

Masa liburan perkuliahan hampir usai, para mahasiswa pun akan segera kembali kepada rutinatas lagi. Beda halnya dengan Mahasiswa baru, yang perlu persiapan lebih matang dari tahun tahun sebelumnya.  Hal ini di karenakan perlu penyesuaian dengan hal baru baik dari situasi ataupun kondisi, kepercayaan diri hingga potensi diri harus di  fahami.

Karena, Kehidupan kampus tak lepas dari kehidupan dan keberadaan organisasi organisasi yang ada di dalamnya. Baik yang di naungi oleh kampus seperti BEM,HMJ, dan UKM misalya. Maupun organisasi pergerakan yang di luar kendali kampus seperti HMI,PMII,ORMADA (Organisasi Mahasiswa Daerah) dan berbagai organisasi pergeraka lainnya.

Selama masa perkuliahan rugi rasanya jikalau tidak dapat mencicipi pahit bercampur manis, suka di iringi duka dunia Organisasi.  Seperti Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI misalnya. Organisasi yang didirikan dua tahun paska kemrdekaan yang tepatnya tanggal 5 Februari 1947. Salah satu organisasi tertua dan terbesar di nusantara, dengan usia selisih 2 tahun lebih muda dari umur  negarnya dan jumlah hingga jutaan mahasiswa.

Dunia perkuliahan tidak lagi hanya sebatas belajar dan IPK yang tinggi, melainkan jiwa sosial, solidaritas antar kawan pun menjadi penunjang yang sangat penting di kemudian harinya. Semua itu dapat di temukan dalam Himpunan Mahasiswa Islam. Di mana, pada Tujuan HMI sendiri yakni “Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawa atas terwujudnya masyarakat yang adil makmur yang di ridhoi Allah SWT”.

Dari tujuan di atas dapat di sadari secara langsung, memiliki dua keperluan yang sangat di butuhkan oleh mahasiswa, yakni kebutuhan Individu sebagai aspek Input dan sudut pandang pengabdian sebagai output dan kewajiban paska terpenuhiya kebutuhan individu tersebut.

Tidak hanya sebatas itu, apa yang akan di berikan oleh Himpunan ini. Berbagai manfaat manfaat lainnya akan terasa dengan sendirinya selama berproses di Himpunan ini. Misalnya saja kita adalah seosrang mahasiswa yang idak terbiasa dalam berpidato dan sering gugup ketika beribicara di depan orang, dengan ber-HMI menjadi salah satu alternative kelua dari masalah masalah tersebut. Di sana kita di ajarkan untuk terbiasa berbicara secara terbuka di depan umum.

Berikut beberapa manfaat bagi mahasiswa ketika bergabung bersama Himpunan Mahasiswa Islam. 1. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan, 2. Membentuk pola pikir yang baik, 3. Menjadi kuat dalam menghadapi tekanan, 4. Menambah skill komunikasi, 5. Melath leadership (kepemimpinan), 6. Memperluas jaringan (Networking), 7. Mengasah kemampuan sosial, 8. Ajang latihan dunia kerja sesungguhnya. Dan masih banyak lagi manfaat manfaat yang tidak sangguppenulis tuliskan dalam risalah pendek ini.

Saya UMM dan Saya HMI
Saya FAI dan saya HMI
MariBer-HMI. Bahagia HMI. Jayalah Kohati

Penulis: Haziz Hidayat Mahsiswa Fai UMM