Bangun Minat Baca Anak, KKN 109 UMM Adakan Sosialisasi Literasi
Cari Berita

Advertisement

Bangun Minat Baca Anak, KKN 109 UMM Adakan Sosialisasi Literasi

7 Agu 2019


Indikatormalang.com - Mahasiswa KKN 109 UMM adakan Sosialisasi peduli literasi. Kegiatan yang menyasar siswa SD Tawangsari dan Madrasah Ibtidaiah (MI) Miftahul Ulum, Pujon ini diikuti oleh sekitar 160 Siswa. Dimulai dari jam 9:00 WIB,   Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menanamkan minat baca sejak dini pada anak.  Rabu (07/08/2019)

Fitria Sugiatmi, penanggung Jawab kegiatan menjelaskan bahwa Sosialisasi ini difokuskan pada anak dari kelas satu sampai kelas tiga SD. Literasi menurutnya perlu ditanamkan sejak dini, mengingat data Central Connecticut University  (CCSU) 2016  mengenai literisasi negara di Dunia, Indonesia menempati urutan nomor dua ter-rendah minat bacanya dari 61 Negara yang di-survey.



Oleh Panitia, kegiatan ini sengaja dirangkaikan dengan nyanyian dan pemutaran Video guna membangun kedekatan emosional, sehingga peserta didik memiliki ketertarikan dengan sendirinya terhadap materi yang disampaikan.

Lebih jauh, menurut Fitria antusiasme dari peserta sangat bisa dirasakan, mengingat dalam metode sosialisasi, peserta diberikan reward bagi yang mampu menjawab pertanyaan pada sesi tanya jawab bersama panitia. Ia juga menegaskan bahwa rekayasa materi dan metode ajar ini telah dipersiapkan secara matang untuk memahami psikologi anak.

“Tentunya kami berharap dengan adanya kegiatan ini, minat baca pada anak khususnya semakin meningkat ya, terlebih mungkin di masa yang akan datang mereka akan mampu menjadi pelopor gerakan literasi. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, generasi berikutnya yaitu generasi Z tumbuh sebagai generasi yang cinta literasi”. Pungkasnya Fitria.

Menanggapi pogram kegiatan ini, kepala sekolah SDN 1  Tawangsari, Ummah menyatakan bahwa penggalangan kampanye literasi sangat penting bagi siswa, utamanya anak-anak di Desa Tawangsari. Ummah juga mengapresiasi terkait metode pengajaran yang disampaikan melalui permainan dan lagu-lagu anak oleh pelaksana kegiatan. Menurutnya, cara tersebut sangat efektif dalam membangun ketertarikan pada anak.

“Terkait dengan sosialisasi literasi, ini adalah sebuah program yang sangat bagus, mampu memicu adanya minat baca dari siswa, apalagi dengan sajian menampilkan video-video kreatif  serta interaksi yang interaktif yang dihadirkan oleh kawan-kawan KKN 109 UMM.” Tandasnya saat kegiatan tengah berlangsung.

Reporter:    BSG
Editor     :    Jab
Pemred  :   Damanhury Jab