Antusias Masyarakat Sambut Program Pengobatan Gratis Mahasiswa UMM
Cari Berita

Advertisement

Antusias Masyarakat Sambut Program Pengobatan Gratis Mahasiswa UMM

7 Agu 2019

Foto: Usai pelaksanaan kegiatan kelompok KKN 143 bersama timapkes melakukan foto bersama.
Blitar - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 143 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Divisi Kesehatan dan Libgkungan mengadakan pengobatan gratis berupa tensi, konsultasi dokter dan pemberian obat, serta sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan disambut antusias masyarakat desa Wonorejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

"Warga Desa Wonorejo rata-rata memiliki penyakit degeneratif, meskipun terkesan penyakit biasa, namun perlu perhatian apalagi mengingat usia rata-rata yang mengikuti pengobatan gratis ini diatas 60 tahun" ucap Reza selaku Koordinator Divisi Kesehatan dan Lingkungan kepada media ini.
Foto: Suasana pengobatan gratis untuk lansia
Selain pengobatan gratis, KKN 143 UMM juga mengadakan acara sosialisasi tentang pentingnya menjaga lingkungan supaya terhindar dari wabah atau penyakit demam berdarah. Sosialisasi tersebut disampaikan langsung oleh Anggota Divisi Kesehatan dan Lingkungan yaitu, Reni Aprilia Wardatul Jannah mahasiswi jurusan kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

"Tujuan dari kegiatan tersebut untuk memberikan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan lingkungan agar lansia bisa menjaga kesehatan secara mandiri tanpa menggantungkan kepada pihak keluarga yang merawat. Kita berharap agar lansia dapat meningkatkan kualitas hidup bersih," Ungkap Reni salah satu Tim kesehatan dan lingkungan KKN 143 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Acara pengobatan gratis tersebut, diikuti oleh sedikitnya 150 warga Desa Wonorejo dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Untuk menyukseskan acara tersebut, KKN 143 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendatangkan langsung Dokter dari Rumah Sakit An-Nisaa’ Talun Blitar dan Timapkes UMM (Tim Mahasiswa Peduli Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang).

Kegiatan pengobatan kesehatan gratis dan sosialisasi kesehatan lingkungan ini diakhiri sesi foto bersama dengan Timapkes UMM, tim KKN 143 UMM, dan perangkat Desa.

"Ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN 143 UMM yabg telah mengadakan kegiatan ini," Tutur Fendriana Anitasari, selaku Kepala Desa Wonorejo.

Sekedar informasi, pergantian cuaca di desa Wonorejo tidak jarang menyebabkan wabah penyakit bermunculan seperti demam berdarah, asma, dan lain-lain. 

Banyak penduduk terutama lansia di Desa Wonorejo kurang peduli dengan kesehatan, selain faktor biaya yang tidak mempuni, faktor transportasi juga menjadi penghambat utama mereka untuk menuju balai pengobatan terdekat.

Faktor tersebut, yang menjadi alasan utama tim KKN 143 menyelenggarakan aksi sosial yang bertajuk pengecekan dan pengobatan kesehatan gratis bagi warga Desa Wonorejo.

Reporter: Tim Indikatorindonesia