Temuan Baru Kartel Tiket Pesawat
Cari Berita

Advertisement

Temuan Baru Kartel Tiket Pesawat

30 Jul 2019

Dock. Liputan6

Indikatormalang.com - Jadwal sidang dugaan kartel tiket pesawat oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang menyeret nama PT. Garuda Indonesia Tbk, Lion Air Group dan maskapai penerbangan tengah dipersiapkan.

KPPU menerangkan sebagaimana yang dilansir dari Kontan bahwa dua alat bukti telah ditemukan oleh tim investigasi dan sudah menuntaskan berkas perkaranya. Alhasil, KPPU sudah bisa menggelar sidang. Komisi memperoleh  temuan atau bukti setelah menyelidiki perkara terkait lonjakan harga tiket pesawat 2018/2019.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Guntur Saragih Komisioner KPPU kepada awak media (29/07) bahwa " Kami sudah menemukan dua bukti dan berkas yang valid". Jelasnya.

Melihat persoalan ini, KPPU menduga ada pelanggaran Pasal 5 Undang - Undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Monopoli dan Persain Usaha Tidak Sehat. Mereka menemukan adanya kesepakatan Garuda Indonesia dan Batik Air untuk menggerakkan harga tiket pesawat kelas Full Service.

Sebagaimana informasi yang dihimpun oleh awak media, KPPU juga akan menyelidiki maskapai yang memasang harga murah coast service carrier, seperti Citilink, Lion Air dan Nam Air.

Menurut KPPU, isu kartel pesawat ini merupakan permasalahan yang diperioritaskan dan akan diselesaikan pada tahun ini.

Reporter: Ir
Editor     : Ovin
Pemred  : Damanhury Jab