Stop!, Kebiasaan Goyang Kendaraan Saat Isi BBM, Berbahaya
Cari Berita

Advertisement

Stop!, Kebiasaan Goyang Kendaraan Saat Isi BBM, Berbahaya

30 Jul 2019

Potongan Gambar yang Diambil dari Sebuah Video yang sedang Viral Terkait Perilaku Pengendara Mobil yang Menggoyangkan Mobilnya Saat Mengisi BBM di Stasiun Pengisian / Foto : Ist.
Indikatormalang.com Hayo ngaku...!!!. Siapa yang masih sering goyang-goyang kendaraan saat isi BBM di stasiun pengisian minyak?.

Stop...! mulai sekarang anda harus menghentikan kebiasan penuh mitos itu. Tindakan tersebut ternyata sangat berbahaya karena berpotensi menyebabkan kebakaran saat mengisi BBM.

Sebuah Gambar Imbauan Kepada Pegendara untuk Tidak Menggoyangkan Kendaraannya Saat Isi BBM, karena Sangat Berbahaya / Foto : Sick Ijok Majoli


Menurut kepercayaan zaman dahulu, menggoyangkan mobil atau motor saat mengisi bensin bertujuan untuk memaksimalkan pengisian bahan bakar ke dalam tangki bensin. Nyatanya tidak, Pertamina malah mengimbau masyarakat untuk tidak menggoyangkan kendaraan. Tindakan itu sangat beresiko.

Menggoyangkan mobil atau motor saat mengisi bensin, boleh jadi mitos zaman dahulu. Tapi masih cukup banyak lho, pemotor atau pemobil yang suka menggoyang-goyangkan kendaraannya saat isi bensin.

Teranyar, di jejaring Facebok beredar se uah foto yang berisi imbauan dari Pertamina agar tidak menggoyang mobil atau motor saat isi bensin.

Foto tersebut diunggah warganet bernama Sick Ijok Majoli di grup pecinta mobil tua Motuba, di jejaring Facebook.

"Masih suka nemu mobil atau motor goyang di SPBU nggak mbah?. Saya nemuin postingan temen di NTT, di kota-kota besar saya masih sering lihat beberapa mobil goyang terutama taxi bermesin diesel," ulas Sick Ijok Majoli.

Dalam foto yang diunggahnya, terlihat imbauan dari Pertamina berupa spanduk dengan tulisan warna merah yang isinya "STOP, Kebiasaan menggoyang mobil dan motor saat isi bensin, bisa menimbulkan kebakaran,"

Kemudian di bagian bawah terdapat tulisan warna hitam yang berisi penjelasan "Kebakaran bisa terjadi karena ujung nozzle bensin bertemu dengan ujung tangki. Saat kedua titik beda muatan bertemu, maka terjadi gesekan listrik statis, maka memungkinkan adanya loncatan percikan api,"

Tulisan di spanduk itu diakhiri dengan pengingat bahwa Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah benda cair "BBM itu benda cair, tanpa digoyangkan pun, bisa masuk sampai ke celah tangki."

Diketahui lokasi spanduk yang berisi imbauan dari Pertamina itu berada di SPBU De Jongste Oil Tanah Merah, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).