Kamituwo Dermo Diangkat, Terindikasi Kurang Tertib
Cari Berita

Advertisement

Kamituwo Dermo Diangkat, Terindikasi Kurang Tertib

13 Jul 2019


Indikatormalang.com -Pengangkatan Kamituwo Dusun Dermo, Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang ditengarai melanggar aturan. Malang, (13/07/2019)

Melalui Informasi yang diterima oleh pewarta Indikatormalang.com pada 13/07/2019 oleh salahsatu warga Mulyoagung yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa "terpilihnya Zaenal Arifin sebagai Kamituwo Dusun Dermo terindikasi pincang karena berseberangan dengan PERBUB no. 81 Tahun 2017, PERMENDAGRI no. 83 Tahun 2015 dan PERMENDAGRI no. 67 Tahun 2017".

Sambungnya, "Sebagaimana dalam Bab II Pengangkatan Perangkat Desa, Bagian Kesatu, Persyaratan Pengangkatan Pasal 2 Ayat Poin F PERBUB Nomor 81 Tahun 2017 berbunyi: Perangkat Desa diangkat oleh Kepala Desa dari Warga Negara Indonesia yang telah memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut: Berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun pada saat pendaftaran. Demikian juga dengan BAB II Pasal 2 Ayat 2 Poin B PERMENDAGRI No. 83 Tahun 2015 berbunyi; Persyaratan Umum adalah sebagai berikut: Berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun. Serta dalam Pasal 2 Ayat 2 Poin B PERMENDAGRI No. 67 Tahun 2017.  Persyaratan umum menjadi perangkat Desa adalah sebagai berikut: berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun". Ujar warga Mulyoagung ini.

Menanggapi hal ini Yono selaku Kaur Perencanaan kepada pewarta Indikatormalang.com pada 13/07/2019 di kantor Desa Mulyoagung menerangkan bahwa "Perangkat Desa sudah melakukan proses seleksi secara administratif dan memang yang bersangkutan sudah berusia 42 tahun ini sehingga dianggap telah memenuhi persyaratan". Jelasnya.

"Pemilihan Perangkat Desa merupakan kewenangan dari kepala Desan. Sama halnya seperti ketika Presiden mengangkat menterinya. Rentan waktu proses penjaringan Kamituo Dermo yang kami lakukan waktu lalu hampir mendekati (nyaris) Dua Minggu" Pungkasnya.

Dalam penemuan tim investigasi Indikatormalang.com , Pemasalahan yang pokok yang muncul adalah data Kamituwo terpilih berdasarkan tanggal lahir di Ijazahnya sudah berusia lebih dari 43 tahun serta waktu penjaringan Kamituwo yang dilakukan oleh panitian telampau singkat (Hanya Dua Minggu) padahal dalam peraturan yang berlaku harusnya maksal 2 Bulan. Kejadian ini terindikasi akibat dari kelalaian Panitia Pemilihan Kamituwo Dermo, Desa Mulyoagung.

Reporter : Jab
Editor      : Fitrah/Ovin
Redaksi   : Investogator Indikator Malang