Ini Jenis-jenis Harimau yang Hidup di Indonesia
Cari Berita

Advertisement

Ini Jenis-jenis Harimau yang Hidup di Indonesia

30 Jul 2019

Seekor Harimau Terluka akibat Terkena Jeratan yang Dibuat oleh Manusia / Foto : Ist
Indikatormalang.com Tahukah kamu ada berapa jenis harimau yang hidup di Indonesia ?

Menurut data dari IUCN, dahulu Indonesia memiliki sekitar tiga sub-spesies harimau dari sembilan sub-spesies harimau yang ada di dunia loh! Bahkan Indonesia termasuk negara yang memiliki spesies harimau terbanyak. Mereka adalah harimau sumatera, jawa dan bali.

Ironisnya, predikat tersebut purna karena melihat kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan seisinya, seperti harimau jawa dan bali yang sekarang statusnya telah punah. Sampai saat ini yang masih tersisa hanya harimau sumatera. Padahal yang kita ketahui bahwa harimau adalah predator sebagai penyeimbang rantai makanan dan sebuah ekosistem.

Dan faktanya, bahwa sampai hari ini kerusakan habitat dan perburuan harimau masih saja terjadi. Seperti halnya yang terjadi di Palas, Sumatera bulan Juli ini, dimana seekor harimau masuk ke pemukiman manusia dan menerkam hewan ternak karena habitatnya rusak akibat deforestasi. Kondisi kakinya kini luka berat akibat jeratan yang dipasang oleh warga sekitar karena resah. Beruntung warga melaporkan kepada pihak BKSDA dan harimau ini masih dapat diselamatkan.

Dalam rangka hari Harimau Sedunia! Mari kita tingkatkan kesadara akan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati termasuk menjaga harimau agar tetap hidup dialamnya.