Hari Anak di Pandanrejo, Mahasiswa Gelar (GGCT) Bersama Siswa SD
Cari Berita

Advertisement

Hari Anak di Pandanrejo, Mahasiswa Gelar (GGCT) Bersama Siswa SD

27 Jul 2019

Kegiatan GGCT Bersama Siswa / Siswi SDN 2 Pandanrejo (Dok.Ovin)

Tepat Hari Anak Nasional, kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 89 Pandanrejo gelar Gerakan Gosok Gigi dan Cuci Tangan (GGCT) di SDN 2 Pandanrejo. Jum'at (26/07/2019)


Pada Pukul 06. 30 waktu setempat Divisi Kesehatan beserta anggota KKN 89 Pandanrejo mendatangi SDN 2 Pandanrejo untuk melaksanakan sosialisasi dengan tujuan GGCT ini adalah untuk mengajarkan kesehatan dan kebersihan diri sejak dini dari hal-hal mendasar seperti sikat gigi dan cuci tanganAgenda tersebut, dilaksanakan tepat pukul 07.00 hingga 09.00 WIB. Kegiatan ini tertuju khusus untuk peserta didik kelas 1, 2 dan 3. 

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ovin kepada pewarta bahwa "Peserta yang hadir kelas 1 berjumlah 13 orang, kelas 2 berjumlah 25 orang, dan kelas 3 berjumlah 22 orang dengan pemateri terdiri dari 3 orang dari Divisi Kesehatan dan memberikan penyuluhan tentang bagaimana cara sikat gigi dan cuci tangan yang baik dan benar". 


Sambungnya, "Gerakan sikat gigi ini kami selenggarakan berdasarkan rekomendasi dari dokter gigi PUSKESMAS Desa Padanrejo dengan gerakan yang digunakan untuk melakukan cuci tangan digunakan dengan metode “Baby Shark”. Metode “Baby Shark” memiliki tujuan agar kegiatan cuci tangan ini menjadi menarik dan dapat dengan mudah  dipahami  oleh siswa/siswi SD 02 Pandanrejo. Metode tersebut dilakukan dengan gerakan yang menyerupai gerakan goyang Baby Shark yang diringi lagu Baby Shark", pungkasnya.


Ovin juga menyampaikan bahwa Metode ini dilakukan dengan memberikan materi sikat gigi, cuci tangan, pembagian sikat gigi gratis dan pendataan karies (gigi berlubang) untuk data PUSKESMAS Desa Pandanrejo didalam kelas, sesi ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit.  


"Pasca itu,  siswa/siswi kami kumpulkan di lapangan sekolah untuk melakukan GGCT bersama-sama yang dipimpin dan di demonstrasikan oleh pemateri. Awalnya pemateri memimpin melakukan gerakan gosok gigi, kemudian dilanjutkan dengan cuci tangan “Baby Shark” dilaksanakan". Ujar mahasisswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini.


Kegiatan ini berlangsung dengan suasana yang sangat seru baik dari pihak peserta maupun panitia. Setelah itu panitia mengadakan sesi tanya jawab, bagi yang bisa menjawab akan diberikan hadiah.  Acara ini di tutup dengan melakukan foto bersama dengan guru dan siswa SDN 2 Pandanrejo.


Reporter: Humas KKN 89
Editor     : Ovin
Redaksi  : Fajar