Hadir di Desa, ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 53 UMM
Cari Berita

Advertisement

Hadir di Desa, ini yang Dilakukan Mahasiswa KKN 53 UMM

25 Jul 2019

Mahasiswa UMM Adakan Sosialisai Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar di Desa Sumberkerto

Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 53  UMM  di Kecamatan Pagak, Desa Sumberkerto, Malang Selatan sukses selenggarakan agenda perdananya. Kamis, (25/07/2019)

Agenda pertamanya yang berupa sosialisasi kesehatan ini di selenggarakan di SDN 3 Sumberkerto dengan peserta sejumlah 23 orang siswa dan akan dilanjutkan ke sekolah - sekolah dasar lainnya yang bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa akan pentingnya menjaga kesehatan baik mencuci tangan maupun perawatan luka. Sebagaimana keterangan Putri Anasstasya selaku ketua divisi kesehatan lingkungan “adanya sosialisasi kesehatan yang di langsungkan dengan praktik tata cara cuci tangan yang bersih dan perawatan luka bertujuan agar siswa dapat mengetahui bagaimana cara hidup sehat dan merawat luka".

Sambungnya, "Kami memilih materi pelatihan kesehatan terfokus pada dua hal ini karena yang sering di temui kebanyakan anak pada masa sekolah dasar adalah luka di sekitar badannya  karenakan asyiknya bermain dengan teman sebaya. Sehingga hal ini menjadi perhatian khusus bagi kita orang tua ataupun guru untuk memperhatikan anak”, Jelasnya.

Senada dengan itu, Sogol Prayogo selaku Koordinator Desa (Kordes) juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat terkhusus guru agar sadar akan pentingnya kesehatan bagi siswa karena dengan adanya tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat serta mampu memberikan arahan kepada siswa dalam  mengimplementasikan apa yang telah di sosialisasikan oleh teman-teman bidang divisi kesehatan lingkungan.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan hangat dari pihak sekolah serta antusias siswa yang sangat tinggi. Sebagaimana yang disampaikan oleh  Bakrie Guru Agama SDN 2 Sumberkerto "kegiatan sosialisasi kesehatan ini sangat penting untuk menjadikan kebiasaan menjaga kebersihan dan kesehatan sejak dini. Pentingnya menjaga kesehatan bisa di mulai dari hal yang kecil dengan diawali cuci tangan dengan baik dan benar".

Sosialisasi praktik cuci tangan yang bersih dan perawatan luka akan digelar selama 2 minggu kedepan dengan dukungan penuh dari Pemerintah Desa Sumberkerto,  SDN 1 Sumberkerto, SDN 2 Sumberkerto, SDN 3 Sumberkerto serta  MI Sumberkerto.

Reporter : Fendi
Editor      : Jab