40 Hektar Tahura Raden Soerjo Terbakar
Cari Berita

Advertisement

40 Hektar Tahura Raden Soerjo Terbakar

29 Jul 2019

Petugas Gabungan Dari UPT Tahura, BPBD Kota Batu, PMI, dan Relawan Sedang Berusaha Memadamkan Api yang Membakar Sebagian Tahura Soerjo / Foto : Ist.
Indikatormalang.com Kurang lebih 40 hektar Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo yang terletak di Lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, terbakar, Minggu (28/7/19).

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi, kebaran terletak di blok Gentong Growah Gunung Arjuno.

"Api sudah berhasil kita padamkan saat tengah hari. Untuk lokasi kebakaran sendiri berada di kawasan Blok Gentong Growah. Luasnya kurang lebih sekitar 40 hektar," terang Wahyudi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Wahyudi memastikan bahwa semua pendaki yang biasa melalui jalur tersebut telah terevakuasi.

"Para pendaki yang saat kejadian berada di kawadana tersebut, semuanya telah dievakuasi dan selamat," urai Wahyudi

"Semua pendaki, pada Senin (29/7/19), sekitar pukul 10.00 WIB, sudah turun dan telah lapor diri di Pos Sumberbrantas," tambah Wahyudi.

Saat ditanya lebih lanjut tentang penyebab kebakaran, pihaknya masih belum bisa memastikan. Dugaan sementara karena faktor cuaca atau musim.

"Lereng Gunung Arjuno memiliki tipe kebakaran lantai hutan. Biasanya bagian yang terbakar adalah serasah dari reruntuhan daun cemara yang menumpuk dan mengering pada saat musim kemarau," pungkas Wahyudi.