Pemimpin Aspiratif, Responsif, dan Edukatif ada di KITA FAI UMM
Cari Berita

Advertisement

Pemimpin Aspiratif, Responsif, dan Edukatif ada di KITA FAI UMM

13 Jun 2019

Ilustrasi Gambar Pemira (Source: Suara.co)

Indikatormalang.com
- Lembaga Intra Mahasiswa di Kampus kerap kali di ibaratkan seperti miniatur negara. Sesuai dengan nama yang di nobatkan, maka lembaga ini ditempati oleh orang-orang yang di amanatkan mahasiswa sebagai wakil dari mahasiswa untuk mengurus dan menyalurkan aspirasi mereka ke birokrasi melalui lembaga intra kampus. Universitas secara berkala akan melakukan proses regenerasi lembaga yang menaungi ataupun lembaga yang mengurusi masyarakat universitas dengan momentum yang di Universitas Muhammadiyah Malang dikenal dengan sebutan PEMIRA (Pemilu Raya).

Bersama momentum ini maka sebagai salahsatu Partai Mahasiswa di Kampus Putih yakni Partai KITA (Dewan Pimpinan Wilayah) DPW FAI  mencalonkan kader - kader partainya yang Pamungkas. Dengan spirit yang muncul dari pengalaman empirisnya ketika menjadi mahasiswa Fakultas Agama Islam UMM dengan tekat ingin membenahi Lembaga Eksekutif Fakultas Agama Islam UMM dari beberapa kekurangan yang ada, dan juga ber-itikat untuk menghibahkan dirinya kepada masyarakat Falultas Agama Islam UMM.

Saya pernah menanyakan apa alasan Calon Gubernur Mahasiswa Fakultas Agama Islam UMM Fraksi KITA ini. Ternyata Jawabannya sangat meyakinkam. Dengan gagah dia memjawab bahwa keinginan terbesarnya adalah membenahi kekurangan yang ada di BEM Fakultas Agama Islam UMM, karena segelintir mahasiswa Fakultas Agama Islam UMM menyampaikan aspirasinya kepadanya bahw dalam rentan waktu beberapa periode terakhir mereka belum merasakan adanya keberadaan BEM Fakultas di Fakultas Agama Islam UMM meskipun lembaga itu ada.

Calon Gubernur dan Wakil GUbernur Mahasiswa Fakultas Agama Islam Delegasi Partai KITA DPW FAI UMM

Bahkan, Ketua DPW Partai KITA Anugerah Eranbatu juga menhatakan kepada saya bahwa Partai KITA Wilayah Fakultas Agama Islam UMM saat ini punya formulasi pemenangan yang ampuh dan akan menang dalam momentum pemira kali ini. Dengan demikian para kader Partai yang sudah terpilih dalam proses persaingan yang ketat dalam konvensi ini dapat mengabdikan diri untuk masyarakat Fakultas Agama Islam UMM dengan tiga poin yang akan dibawanya nanti yakni "aspiratif, responsif dan edukatif".

Pengabdian dengan segudang pengalaman dan keilmuan yang ada pada Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur mahasiswa Fakultas Agama Islam kepada masyarakat FAI UMM diharapkan dapat merubah kekurangan-kekurangan yang ada pada BEM FAI sehingga dapat membuat Iklim Ilmiah pada Fakultas Agama Islam. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa pada era moderen ini teknologi menjadi suatu permasalahan tersendiri khususnya kalangan di kalangan mahasiswa itu sendiri. Fenomena ini yang sangat mempengaruhi mahasiswa jika salah melakukan pendampingan maka bisa melahirkan mahasiswa yang apatis dan hedonis.

Hingga saya sempat mencoba mengukur penilaian para elit organisasi ekstra kampus di FAI yakni Bung Dzaky. Menurut Ketua Umum HMI Komisariat FAI UMM yaitu Achmad Dzaky Wahyudi I. M. Dasi,  momentum pemira yang saat ini mestinya dan harus mengcover mahasiswa dari sifat apatis dan hedonis sehingga dapat tercipta pemimpin yang berkualitas dan diharapkan. Melihat kondisi yang ada, FAI membutuhkan sosok pemimpin yang bersifat pendengar yang responsif, tidak mendikte, pemimpin yang benar benar merubah, bukan sekedar menghegemoni kekuasaan di FAI. Dan sosok itu ada pada diri Samkhan.

Saya masih kurang puas dan mencari lagi siapa keterangan yang meyakinkan agar tidak salah pilih. Kali ini, saya mendatangi teman kelasnya yakni Khoirul Anami. Ternyata Khoirul Anam juga melempar statemen yang semakin meyakinkam saya bahwa Pasangan Gubma dan Cawagubma Partai KITA FAI ini adalah pilihan terbaik. "Saya pun berharap kepada beliau, sebagaimana background yang saya ketahui beliau Pernah menjabat sabagai Kepala Bidang Kaderisasi di Lembaga Dakwah Mahasiswa islam, Kepala Bidang Perguruan Tinggi Kemahasiswaan dan Kepemudaan HMI Komisariat Agama Islam UMM, di kelas-pun beliau menjadi ketua kelas dan sekarang beliau sedang menimba ilmu di pondok pesantren Al-irtiqo.

Sampai disini, saya yakin bahwa pilihan terbaik dari petarung di FAI UMM kali ini adalah Delegasi Cagubma dan Cawagubma dari Fraksi Partai KITA DPW FAI. Mari, seluruh masyarakat FAI. Kit Suksesi PEMIRA tahun ini dengan memilih pemimpin yang Aspiratif, responsif, dan edukatif.


Penulis : Achmad Noor Dadang Lamowa
Editor   : Redaksi Indikatormalang.com