November, Tol Malang Pandaan Rampung dan Siap Dioperasikan
Cari Berita

Advertisement

November, Tol Malang Pandaan Rampung dan Siap Dioperasikan

13 Mei 2019

Pengunjung Memadati Area Penemuan Situs Sekaran, Sekarpuro. Lokasi Situs Tepat Berada di lokasi Pembangunan Jalan Tol Malang Pandaan. Situs Tersebut Ditemukan Oleh Para Pekerja Tol / Foto :  Ist.
Indikatormalang.com - Rencananya, November mendatang tol Malang Pandaan yang membentang sepanjang 38,5 kilometer tersebut akan rampung dan siap dioperasikan.

Hal tersebut disampaikan oleh enteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat meninjau pengerjaan tol Mapan seksi 1-3 yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (13/5/19).

"Ini yang ditunggu masyarakat, makanya dipercepat sehingga bisa dimanfaatkan. Apalagi ini menjelang mudik lebaran," Terang Basuki, Minggu (12/5/19).

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Sugiyartanto menuturkan, pekerjaan konstruksi untuk Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,8 kilometer saat ini hampir mencapai 90 persen.

"Seksi V Pakis-Malang sepanjang kurang lebih 3,1 kilometer, ada sedikit kendala. Kami mengalami kendala lantaran ditemukannya situs bersejarah, yakni situs sekaran di area konstruksi jalan tol," terang Sugiyartanto.

"Kemarin sempat tertunda, sehingga digeser 17 meter dari trase awal," pungkas Sugiyartanto.

Seperti diketahui, pekerja jalan tol saat nelakukan eskavasi menemukan sebuah situs bersejarah yang disebut situs Sekaran. Lokasinya tepat berada ditengah perlintasan tol. Penemuan tersebut berlokasi di desa Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang.