Gubenur Jatim Dorong BUMDes Jadi Lokomotif Pemberdayaan Ekonomi Desa
Cari Berita

Advertisement

Gubenur Jatim Dorong BUMDes Jadi Lokomotif Pemberdayaan Ekonomi Desa

5 Mei 2019

Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Bupati Malang, Sanusi beserta para Pegiat BUMDes se-Jawa Timur saat Acara Jambore BUMDes 
Indikatormalang.com - Keberadaan ratusan BUMDes yang tersebar di berbagai daerah Provinsi Jawa Timur, telah menarik perhatian Khofifah Indar Parawansa yang merupakan Gubenur perempuan pertama di Provinsi ini.

"Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus terus didorong untuk menjadi sarana pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa, dengan memaksimalkan potensi desa," pinta Khofifah, pada saat acara pembukaan Jambore BUMDesa se-Jatim, di Taman Wisata Boon Pring, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Sabtu (4/5/19).

Baginya, pengembangan dan penguatan BUMDes harus didukung semua pihak. Khofifah mendorong kerja sama berbagai pihak guna mengembangkan BUMDes, baik itu pemerintah, perguruan tinggi, swasta, maupun pihak perbankan. Melalui BUMDes, desa diharapkan dapat menumbuhkan potensi ekonomi lokal untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian desa.

"BUMDes bisa menjadi usaha bersama masyarakat desa, yang bisa membangun nilai-nilai kemanusiaan masyarakat desa. Sehingga kehadirannya tidak sekedar menjadi alat pemodal, tetapi juga menjadi sarana untuk mensejahterakan masyarakat desa," terang Khofifah.

Dirinya sebagai gubenur terus berkomitmen untuk terus memberikan dukungan bagi penguatan BUMDes, sehingga mampu berproses semakin kokoh dan kuat dalam memberdayakan ekonomi masyarakat desa.

Khofifah melihat adanya potensi besar yang dimiliki BUMDes. Menurutnya apabila dikelola secara maksimal dengan manajemen yang baik, dan pendampingan yang baik, akan bisa bermanfaat bagi masyarakat desa.