Anda Mahasiswa Ingin Lolos Konferensi Luar Negeri?
Cari Berita

Advertisement

Anda Mahasiswa Ingin Lolos Konferensi Luar Negeri?

13 Mei 2019

Ilustrasi, Gerakan Mahasiswa / Foto : MalayToday
Indikatormalang.com - Tips sukses lolos konferensi luar negeri sangat Anda perlukan jika berminat mengikutinya. Terlebih, bagi Anda yang masih baru di dunia kampus.

Masalah finansial plus kemampuan bahasa Inggris kebanyakan menjadi alasan bagi banyak orang untuk mundur teratur sebelum mencoba. Padahal, dalam hal ini, sebenarnya yang dibutuhkan hanya satu, yaitu mau dan berani mencoba. Sebab, banyak peserta konferensi yang tidak mempunyai uang sama sekali dan kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan.

Anda berminat untuk mencobanya? Ikuti tips berikut ini, yuk!

Mencari Informasi tentang Konferensi
Anda dapat mencari informasi tentang konferensi ini melalui internet. Saat ini sudah banyak website yang memberikan informasi tersebut, baik berdasarkan tema, negara penyelenggara, maupun sifatnya.

Maksud dari sifat di sini adalah full dibiayai panitia, separuh dibiayai panitia, atau full biaya sendiri. Ketiganya menentukan besar tidaknya kemungkinan peluang Anda diterima.

Jika ingin memilih konferensi yang bersifat full biaya panitia alias gratis buat peserta, Anda harus bersiap bersaing dengan ribuan peserta lain. Biasanya, konferensi tipe ini akan banyak diminati mahasiswa yang akibatnya seleksi ketat pun dilakukan. Anda juga bisa memilih konferensi luar negeri berdasarkan indeks jurnal. Semakin tinggi indeks jurnal yang Anda pilih, semakin besar peluang Anda mendapatkan bantuan dana kampus.

Menyiapkan Ide dan Berkolaborasi
Pada saat mengikuti konferensi, Anda harus mempresentasikan sesuatu yang menarik. Oleh karena itu, siapkan ide sebelum mendaftar. Hal penting yang perlu Anda ingat adalah pilihlah ide presentasi berupa pemecahan masalah. Dalam hal ini, Anda harus berupaya mencari masalah yang umum terjadi di masyarakat, kemudian temukan solusinya dan jadikan sebagai bahan untuk presentasi.

Jika Anda bingung mencari ide menarik, berkonsultasilah dengan dosen atau mahasiswa lain yang berpengalaman dan ajak mereka untuk berkolaborasi. Anda tidak perlu khawatir. Akan banyak orang yang mau diajak kolaborasi jika indeks jurnal yang Anda pilih tinggi. Nama Anda diletakkan di nomor tiga dalam penelitian tidak masalah, yang terpenting dosen tersebut maupun kampus bersedia mengucurkan dana penelitian.

Menyusun Abstrak dan Paper
Setelah menemukan ide, langkah selanjutnya adalah menyusun paper. Paper merupakan tulisan ilmiah yang tersusun atas judul, identitas penyusun, abstrak, dan langkah-langkah penelitian hingga kesimpulan.

Pada umumnya, saat pertama mendaftar, hal pertama yang ditanya adalah abstraknya. Oleh karena itu, buatlah abstrak terlebih dahulu, baru setelah diterima membuat paper.

Jika Anda ragu dengan kemampuan bahasa Inggris Anda, gunakan Google Translate. Kursus bahasa Inggris juga perlu dilakukan.