10 Fakta Tol Baru Malang Pandaan yang Perlu Anda Ketahui.
Cari Berita

Advertisement

10 Fakta Tol Baru Malang Pandaan yang Perlu Anda Ketahui.

13 Mei 2019

Exit Tol Singosari, Sudah Siap Beroperasi / Foto: Ist.
Indikatormalang.com - Rencananya hari ini, Senin (13/5/19), tol Malang Pandaan Seksi 1-3 (Pandaan -Singosari) akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Terkait peresmian tersebut, Indikator Malang berhasil menghimpun beberapa fakta menarik dari lapangan.

1. Diperkirakan jalur tol ini akan dilintasi oleh 28.000 kendaraan dalam per-harinya. Penghitungan tersebut dalam keadaan normal, belum termasuk akhir pekan yang biasanya selalu padat.

2. Terhitung mulai Selasa (14/5/19) tol akan beroperasi penuh. Walaupun, sementara masih sampai Singosari.

3. Selama masa uji coba, rencananya tol akan digratiskan selama satu minggu hingga dua minggu kedepan. Walaupun begitu, pengguna tetap wajib membawa kartu tol untuk melintasi gerbang tol.

4. Panjang jarak tempuh tol Pandaan - Singosari adalah 30 Kilometer lebih.

5. Perkiraan waktu tempuh Pandaan - Singosari sekitar 35 menitan.

5. Tarif resmi tol akan diumumkan dua minggu kemudian pasca dioperasikannya tol tersebut.

6. Diperkirakan tarif tol mencapai Rp 1.000 untuk per-kilonya. Jika dikalikan dengan jarak tempuh, maka kemungkinan tarif tol Pandaan Singosari mencapai Rp 30.000.

7. Sebelum tarif dikeluarkan, pengguna akan digratiskan. Pengguna Tol dari pintu keluar Kejapanan hingga Singosari hanya dikenakan tarif Rp. 13.000.

8. Nial investasi Tol Malang - Pandaan mencapai Rp 9,1 Triliun. Perinciannya Rp 5,9 Triliun untuk Konstruksi, sisanya Rp 3,2 Triliun untuk pembebasan Lahan.

9. Pembangunan tol Mapan dibiayai oleh tiga investor. PT Jasa Marga Pandaan Malang (60%), sisanya ditanggung oleh PT Pembangunan Perumahan (PP) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (SIM).

10. Sepanjang tol akan dibangun dua Rest Area, yakni di Kilometer 66 dan Kilometer 84.