Era 4.0, Perguruan Tinggi Harus Inovatif dan Berkarakter
Cari Berita

Advertisement

Era 4.0, Perguruan Tinggi Harus Inovatif dan Berkarakter

28 Apr 2019

Staf Khusus Menristek Dikti Dr. KH. Abdul Wahid Maktub, Saat Berbicara di Depan Peserta Workshop Tantangan Pendidikan Karakter Perguruan Tinggi Era Disruptif Revolusi 4.0
Indikatormalang.com - Staf Khusus Menristek Dikti Dr. KH. Abdul Wahid Maktub, meminta secara khusus kepada seluruh Perguruan Tinggi untuk terus berinovasi dengan cara membangun paradigma baru, sistem baru, dan cara baru.

Permintaan tersebut disampaikan saat dirinya menjadi pembicara dalam workshop yang digelar oleh Universitas Gajayana Malang, Jumat (26/4/29).

"Tantangan dalam era disrupsi yang kita kenal sebagai revolusi 4.0 ini begitu komplek. Perubahan yang berlangsung dengan sangat cepat di era ini telah merubah model-model sistem lama," ujar Abdul kepada peserta.

"Ini tantangan besar bagi Perguruan Tinggi untuk bisa membentuk karakter bangsa yang berdaya saing. Perguruan Tinggi dan tenaga pendidik harus mampu mengimbangi dan beradaptasi dengan perubahan yang begitu cepat dan tak terduga ini," pinta Abdul.

Menurutnya, cara- cara lama yang sudah tidak relevan lagi sudah saatnya diganti dengan cara-cara baru yang lebih inovatif. Baginya, perguruan tinggi yang memiliki SDM kompetitif dan inovatif lah akan bertahan dan maju di era disrupsi.

"Hanya melalui karakter yang kuatlah kita bisa bersaing. Maka kita memerlukan the power of character and culture. Tidak cukup hanya intelejensi," pungkasnya.

Pentingnya penguatan karakter perguruan tinggi juga diamini oleh Rektor Universitas Gajayana Malang, Prof. Dr. Dyah Sawitri SE., MM, menurutnya penguatan karakter sudah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012.

"Setiap pendidikan perguruan tinggi harus dikuatkan dalam dua bidang. Pertama, bidang karakter yang berkaitan dengan sikap, moral dan etika. Kedua, bidang khusus yang berimbas pada peningkatan sains, skill, dan kompetensi keilmuan yang ditekuni," ucapnya kepada Indikator Malang.