Hasil Semi Final MMO dan LKTI - N Matriks UMM 2019
Cari Berita

Advertisement

Hasil Semi Final MMO dan LKTI - N Matriks UMM 2019

13 Mar 2019

Foto: Indikatorindonesia.com

Malang, HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang menggelar Semi Final Lomba MMO dan LKTI - N. Minggu, (10/03/2019).

MMO (Matriks Mathematics Olimpyad) yang diikuti oleh siswa SMP dan SMA/Sederajat se Jawa Timur dan Bali serta LKTI - N (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) 2019 yang diikuti oleh para Mahasiswa dan Mahasiswi se-Indonesi dengan tema “Membangun Indonesia yang Berbudaya melalui etno Matematika demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan di Era 4.0” ini digelar di Gedung Aula Biro Administrasi Umum (BAU) Universitas Muhammadiyah Malang.

Sebelumnya, para peserta LKTI-N mengikuti TM (Technical Meeting) pada  Jumat (8/03/2019). Serta Field Trip ke Alun-Alun Kota Batu, Museum Angkut, serta Oleh-Oleh Brawiyaja pada Sabtu (9/03/2019)

Pada tanggal 10 Maret 2019 adalah acara puncak kegiatan MMO dan LKTI-N. Acara dimulai dengan pembukaan. "Adalah benar untuk merayakan kesuksesan, tapi hal yang penting adalah untuk mengambil pelajaran dari kegagalan" ujar Rubiatul selaku ketua pelaksana pada sambutannya (10/03/2019) .

Untuk acara Semi Final Lomba MMO dan LKTI - N dihadiri juga oleh Dosen Jurusan Pendidikan Matematika, SENAT FKIP periode 2018-2029, BEM FKI periode 2018-2019, Demisioner HMJ Matriks periode 2016-2017, serta Demisioner HMJ Matriks periode 2017-2018. Acara lebih dimeriahkan lagi dengan penampilan tari dan nyanyi oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

"Kegiatan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang sudah dijadikan sebagai budaya. Selain untuk ajang berkompetensi, ada silaturahmi yang tersirat".ujar sekretaris prodi Pendidikan Matematika, Agung Deddiliawan Ismail, M.Pd. "Menang kalah hal biasa. Harus menerima dengan lapang dada karena hasil penjurian bersifat mutlak" sambungnya (10/03/2019).

Setelah acara pembukaan, peserta MMO diarahkan untuk menuju ruang guna mengerjakan soal semifinal dan final. Sedangkan untuk para peserta LKTI-N, mempresentasikan paper yang telah di kumpulkan sebelumnya di Aula BAU.

Seluruh semifinalis dihadapkan dengan soal yang harus dikerjakan dalam 90 menit lamanya. Dimana dari 30 semifinalis SMP dan 30 semifinalis SMA akan diambil masing-masing 5 tiap jenjangnya untuk melanjutkan ke tahap final. Tahap final diawali dengan pengerjaan soal dalam waktu 60 menit.

Selanjutnya finalis akan dihadapkan langsung dengan juri untuk mempresentasikan hasil pengerjaannya. Tahap final ini untuk mencari juara dari kelima finalis.

Pada akhir acara seluruh finalis dikumpulkan kembali ke aula BAU untuk penutupan sekaligus pengumuman juara. Inilah nama-nama mahasiswa yang berhasil menjadi juara pada LKTI-N Matriks 2019:

LKTI - N MATRIKS 2019
Juara 1 (IKIP Siliwangi)
Ismy Aristy
Ardy Fauzi Rachman
Fitri Indah Maulani

Juara 2 (Universitas Ahmad Dahlan)
Yulita
Catur Yustika Melati
Poni Lestari

Juara 3 (Universitas Airlangga)
Muhammad Hafiruddin
Bidayatul Mas’ulah
Siti Maimunah

Juara Harapan 1 (Universitas Negeri Yogyakarta)
Reza Fernanda
M. Yazid Al Khoiri
Setyaningtyas Anane Rahmah

Juara Harapan 2 (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Alda Puji Rahayu
Melfi Snae
Stepanus Bani

Juara MM0 2019 
pada jenjang SMA
Juara 1 atas nama
Vania Rizky Juliana Wachid
dari SMAN 5 Surabaya

Juara 2 atas nama
Safrizal Ardana Ardiyansa
dari SMAN 2 Lamongan

Juara 3 atas nama
Muhammad Rivan Prawira
dari MAN 2 Kota Malang

Juara Harapan 1 atas nama
Alqadri dari SMA Ar-Rohmah Malang

Juara Harapan II atas nama
Syafi’ Bariq’ Syihabuddin H.
dari SMAN 2 Lamongan

Juara MMO 2019 jenjang SMP

Juara 1 atas nama
Moch. Avin dari SMPN 1 Sukorejo

Juara 2 atas nama
Ivan Hadinata dari SMPN 3 Jember

Juara 3 atas nama
Algar Kabirul Dawam
dari SMP Unggulan Al-Ya’lu Malang

Juara Harapan 1 atas nama
Muhammad Feliks Riza
dari SMPN 1 Singosari

Juara Harapan II atas nama
Wahid Badar Abiddin
dari SMA Unggulan Al-Ya’lu Malang

Reporter: Indikator Indonesia
Editor     : Redaksi Indikator Indonesia
Souce      : Panitia