BEM FKIP UMM Akan Selenggarakan NSPC
Cari Berita

Advertisement

BEM FKIP UMM Akan Selenggarakan NSPC

12 Feb 2019

Foto: Dokumentasi BEM FKIP UMM

Indikatormalang.com - Menyambut Era Industi 4.0, BEM FKIP UMM akan selenggarakan NSPC (National Scientific Paper Competition) 2019. Selasa (12/02/2019)

Era industri 4.0 sebagaimana yang diketahui merupakan era di mana segala aspek kehidupan manusia bergantung pada teknologi dimana perkembangan teknologi yang  pesat  menjadikan segala aktifitas lebih mudah, cepat, dan praktis untuk dilakukan dalam hitungan detik.

Sebagaimana yang disampaikaa Ilham Abdun Nasir, ketua Umum BEM FKIP UMM Periode 2018/2019. "Perkembangan IPTEK yang semakin pesat menjadi tuntutan di berbagai aspek kehidupan diantaranya bidang pendidikan, teknologi, ekonomi, lingkungan, sosial dan budaya. Oleh karena itu, generasi millenial sebagai salah satu pemegang peranan penting dalam perubahan dituntut agar mampu meningkatkan SDM serta kemampuan lainnya seperti kreativitas, berfikir kritis, kolaborasi, komunikasi sehingga siap  menghadapi tantangan dan peluang di era revolusi industri 4.0".

Ia menambahkan, NSPC 2019 ini salah satunya adalah untuk meningkatkan kembali budaya membaca dan menulis. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa budaya literasi di Indonesia khusunya di kalangan pemuda cukup kurang diminati. 
"Kami juga berharap gagasan yang disampaikan melalui tulisan ini nantinya mampu dinikmati oleh masyarakat umum bukan hanya kalangan tertentu, sehingga peran pelajar/mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of change) memang benar-benar dirasakan betul oleh masyarakat bukan hanya menjadi sebutan semata tapi memang ada aksi nyatanya,” tambahnya.



NSPC 2019 diselenggarakan untuk mewadahi minat kepenulisan dan meningkatkan kembali budaya literasi generasi millenial khususnya mahasiswa di bidang karya tulis ilmiah dan siswa SMA/ Sederajat di bidang kepenulisan essay. Tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu: “Peran Generasi Millenial dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang Era Revolusi Industri 4.0”. 

Pendaftaran NSPC 2019 dibuka sejak tanggal 28 Januari 2019, sedangkan puncak kegiatannya akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 April 2019 yang bertempat di Kota Malang-Jawa Timur. Adapun hadiah yang diberikan antara lain trophy, uang tunai jutaan rupiah, dan piagam penghargaan untuk juara, serta tiket seminar nasional gratis, fieldtrip, dan fasilitas lainnya untuk seluruh finalis.

Senada dengat itu, Alfi Mayfa Nur Safitri, ketua Pelaksana NSPC 2019 berharap semoga kegiatan NSPC 2019 dapat terselenggara dengan baik setiap tahunnya, dan semoga dengan adanya kegiatan ini generasi bangsa dapat menuangkan keahlian dalam bidang kepenulisan serta dapat mewujudkannya dalam suatu gerakan yang nyata. 

"Apalagi dalam era industri 4.0 daya saing yang semakin ketat dalam berbagai bidang menuntut kita untuk dapat melihat peluang dan menghadapi tantangan," ujarnya.

Untuk itulah BEM FKIP UMM membuat terobosan untuk menghadapi Era industri 4.0. (*)

Reporter: Jab
Editor     : Kang Mas