Pemuda LIRA; Generasi Millenial Jangan Golput
Cari Berita

Advertisement

Pemuda LIRA; Generasi Millenial Jangan Golput

4 Jan 2019

DPD Lira Malang Raya Bersama Peserta usai acara Pendidikan Politik dan Deklarasi Pemuda Melenial Jangan Golput (PILJAGO)
Indikatormalang.com - Menjelang pelaksanaan Pemilu pada April mendatang (27/4/19), DPD Pemuda Lira Malang Raya meminta kepada generasi Millenial untuk menggunakan hak suaranya.

"Profil pemilih hari ini adalah kelompok Millenial yang secara budaya sangat independen dan melek informasi," ungkap Abd. Rohman, Sekjen DPD Pemuda Lira Malang Raya disela-sela acara Pendidikan Politik dan Deklarasi Pemuda Melenial Jangan Golput (PILJAGO), Jum’at (28/12/18).

Rohman yang juga seorang praktisi sekaligus analis politik tersebut mengatakan bahwa potensi golput hari ini sangat besar dibanding pemilu sebelumnya.

"Untuk mendorong partisipasi dan menanggulangi besarnya angka golput, masyarakat perlu diberikan pengetahuan dan pentingnya partisipasi dalam politik, khsususnya generasi melenial" tambah Rohman kepada Indikator Malang.

Menurut Adib, Ketua Umum DPD Pemuda Lira Malang Raya, hari ini muncul keprihatinanan besar terhadap generasi millineal, akibat rendahnya partisipasi politik dikalangan mereka.

"Politik dipandang sebagai kegiatan yang hanya berorientasi pada perebutan kekuasaan. Para politisi hanya hadir pada saat mereka membutuhkan suara masyarakat. hal tersebut perlu diluruskan," terang Adib.

"Kita sepakat bahwa generasi melenial memiliki peranan cukup sentral dalam suksesi pemilu 2019 mendatang. Dalam konteks sejarah, pemuda tidak pernah absen dari semua perhelatan besar bangsa ini, mulai dari zaman perjuangan hingga pada era reformasi," tambah Adib.

Peran generasi millenial bukan hanya didorong untuk tidak Golput, melainkan juga berperan aktif dalam mendorong masyarakat, mengawasi pelaksanaan pemilu, hingga ikut serta mengevaluasi (melaporkan) pelanggaran yang ditemukan di lapangan.

Kegiatan yang digagas oleh DPD Pemuda Lira Tersebut mengundang sejumlah ormas pemuda se Malang Raya sebagai peserta. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, Hamdan Akbar Safara dari Bawaslu Kota Malang dan Ahan Syahrul Arifin sebagai tokoh inspirator muda Kota Malang. Sementara perwakilan dari KPU Kota Malang berhalangan hadir.