Stop Merokok !!!
Cari Berita

Advertisement

Stop Merokok !!!

31 Des 2018

Foto Penulis

Indikatormalang.com -Tidak sedikit jumlah orang yang merokok, menghabiskan waktunya, dan merogoh sakunya untuk membeli rokok.

Pernahkan Anda bertanya kepada diri Anda sendiri tentang apa keuntungan manfaat dari merokok. Sebenarnya rokok tidak ada manfaatnya sama sekali, kecuali hanya mengikuti hawa nafsu Anda saja.

Meskipun demikian, para perokok selalu mencari-cari  alasan pembenaran bahwa merokok mempunyai banyak manfaat antara lain  banyak teman, dengan merokok bisa konsentrasi, dengan merokok menjadi tenang, atau alasan-alasan lain yang sebenarnya alasan tersebut hanyalah alasan yang  tanpa dasar.

Alasan lain merokok bisa memperpanjang umur,  bahkan ada yang mengatakan bahwa kalau rokok bahaya kenapa ada  dokter yang merokok. Siapa pun yang mau jujur, kalau ditanya apakah rokok termasuk sesuatu yang baik atau tidak, pasti mereka menjawab tidak baik bahkan rokok adalah sesuatu yang buruk.

Buruknya rokok juga  bisa dilihat dari adanya larangan merokok di sana-sini, seperti di tempat umum, gedung-gedung perkantoran, gedung pertemuan, hotel, sekolahan serta tempat-tempat ibadah ,apalagi di tempat-tempat yang harus terbebas dari sesuatu yang mengganggu seperti rumah sakit. Ini semua adalah bukti bahwa asap rokok membahayakan kehidupan.

Di Indonesia, setiap tahun lebih 400.000 orang meninggal dunia karena berbagai penyakit yang terkait dengan kebiasaan merokok; atau sekitar 2.000 orang setiap hari.

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, mencatat bahwa pada tahun 2008 di Indonesia terdapat 68 juta perokok aktif dengan konsumsi 225 miliar batang per tahun. Diperkirakan, sekarang ini ada sekitar 70 juta perokok aktif di Indonesia yang mengkonsumsi 250 miliar batang rokok per tahun.

Sesungguhnya manfaat rokok hanyalah klaim dan pembelaan dari perokok belaka tanpa ditunjang bukti-bukti. Oleh karenanya di dalam agama mencegah kerusakan/bahaya lebih didahulukan dari pada mengambil manfaat.

Makanya kita mendahulukan mecegah diri kita dari bahaya rokok dengan tidak merokok dari pada mengambil manfaat menkonsumsi rokok yang  manfaatnya sebenarnya tidak ada. Selagi belum terlambat bersegeralah menuju  kebenaran adalah lebih utama dari pada berlama-lama dalam kesalahan.

Penulis : Renaldi Dewantara
Status    : Mahasiswa Pend. Matematika UMM.
Editor    : Jab