Sejumlah Tokoh Sebut Soeharto Sebagai Inspirator Korupsi
Cari Berita

Advertisement

Sejumlah Tokoh Sebut Soeharto Sebagai Inspirator Korupsi

24 Des 2018



 Dok.Pribadi

Indikatormalang.com - Juru bicara Tim Kemenangan Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan wakil presiden no urut 01 jokowi-ma'ruf,  Ahmad basarah yang menyebut mantan presiden RI HM Soeharto sebagai guru korupsi dengan mengutip TAP MPR XI tahun 1998 sempat menjadi sorotan.
Pernyataan politisi senior partai PDIP itu pun juga mendapatkan dukungan dari rumah gerakan 98.

Hal tersebut disampaikan oleh kordinator kajian gerakan 98. Bernard AM Haloho yang mengatakan soeharto sebagai inspirator korupsi terbesar di Indonesia. Secara biologis soeharto bukanlah guru korupsi karna anaknya gak ada yang koruptor tapi secara sistem pemerintahan dia menginspirasi sebagai bapak korupsi.

“Soeharto itu inspirator besar korupsi pada hari ini," ungkapnya dalam diskusi akhir tahun Kaukus Muda Indonesia (KMI) pada Senin, (24/12).

Dia juga mengatakan Soeharto gagal disebut bapak pembangunan karna telah menyebabkan krisis nilai tukar rupiah menghadang perkonomian Indonesia yang kemudian melaju menjadi krisis moneter dalam pemerintahan orde baru. Akibatnya, terjadi distorsi-distorsi ekonomi berupa proteksi yang berlebihan yang menyebabkan ekonomi semakin lemah  dan maraknya KKN (Korupsi Kolusi dan Nepotisme) dari soeharto Sehingga peristiwa tersebut dinilai biang keladi atas terkaparnya ekonomi nasional, makanya gak cocok jika soeharto dikatakan sebagai bapak pembangunan.

"Soeharto itu gagal disebut bapak pembangunan karna telah menyebabkan Indonesia krisis moneter seperti negara afrika," ucap dia.

Sementara Indria Sumego pengamat politik LIPI,  mengatakan Soeharto mengkonsep politiknya denga politik harmoni di mana pada waktu tidak ada kebenaran bersuara terhadap penguasa.

"Soeharto itu mengkonsep politik harmoni untuk mempertahankan kekuasaannya," ungkapnya.

Karyono Wibowo, Direktur IPI mengungkapkan selama memimpin orde baru soeharto dinilai berhasil melakukan pembagunan Indonesia. Melalui doktrin Triologi pembagunan dan program Repelita yang dicanangkan tersebut telah menghantarkan soeharto mendapat gelar sebagai bapak pembagunan. Trilogi pembangunan adalah prinsip pembangunan nasional yang dicanangkan oleh orba sebagai landasan penentuan kebijakan politik, ekonomi dan sosial

"Trilogi pembagunan yang dicanangkan oleh soeharto itu tidak lepas dari kontroversi karna telah mengeluarkan kebijakan dan regulasi yang memberangus demokrasi pada waktu dan saya pikir tidak stabil jika soeharto dijadikan sebagai marketing politik oleh para pendukungnya, " pungkasnya. (Dr)