Politik Kebangsaan Memanas, Mahasiswa Kemana?
Cari Berita

Advertisement

Politik Kebangsaan Memanas, Mahasiswa Kemana?

4 Des 2018

Foto Penulis: Edited By INN
Indikatormalang.com - Mahasiswa adalah kaum intelektual, tentu juga menjadi tolak ukur kemajuan bangsa dan negara. Sadar ataupun tidak, berbagai perubahan politik tidaklah terlepas dari campur tangan mahasiswa. Contohnya peran mahasiswa pada proses melengserkan sebuah rezim yang dianggap pada saat itu sangan meresahkan kesejahteraan ruang demokrasi. Mahasiswa melakukan aksi nyata dalam melakukan perubahan untuk menjadikan negara kita lebih maju dan lebih baik lagi.

Terceburnya mahasiswa dalam kondisi itu berhasil memberikan angin segar bagi masyarakat. Maka, peran mahasiswa hari ini dalam dunia politik merupakan hal yang penting dalam kemajuan politik suatu bangsa dan negara. Karena, mengingat mahasiswa adalah agent of social control dalam mengamati suatu permasalahan politik yang terjadi.

Mahasiswa merupakan agent of change atau agen yang berperan penting dalam setiap fenomena kebangsaan karena  masa depan negara ini dipegang oleh penerus-penerus bangsa yang berkualitas yakni mahasiswa itu sendiri. Mahasiswa harus berperan aktif dan ikut serta dalam persoalan hiruk pikuk politik di Indonesia karena mahasiswa dianggap bisa menyelesaikan dan bertanggung jawab tentang persoalan di Indonesia untuk melakukan perubahan dimasa yang akan datang.

Gerakan politik yang dilakukan mahasiswa adalah dengan gerakan aksi pasti yakni terus melakukan gerakan counter terhadap isyu pemecah belah ummat serta bila perlu  turun kejalanan untuk mewujudkan aspirasi masyarakat jika memang itu satu - satunya cara agar didengar oleh para pejabat tinggi.

Sebagai mahasiswa kita harus bisa membaca kondisi permasalahan politik dinegara ini. Permasalahan yang terjadi di negara kita yang harus dibasmi adalah kemiskinan, korupsi, kekerasan terhadap Perempuan ,ketimpangan afrimasi hukum, dan lain berbagai permasalahan penting lainnya. Bukan hanya orasi didepan aparat polisi dan juga pejabat tinggi, tetapi kita sebagai mahasiswa harus memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi di negara kita saat ini. Kita sebagai agent of change harus turun langsung ke zona politik itu agar kita bisa mengimplementasikan aspirasi dari rakyat yang kita dengar.

Sebagai mahasiswa harus berani melakukan inovasi dan harus tampil didepan dalam melakukan pembaharuan pemikiran, memberikan solusi bahkan jika perlu menghidupkan berbagai potensi yang dapat mengsejahteraan masyarakat agar masyarakat kita tidak merasakan penindasan secara terus menerus.

Partisipasi mahasiswa pula menjadi salah satu penentu arah bangsa ini dengan bergabung pada organisasi organisai Intra dikampus agar kita bisa membaca dinamika kehidupan politik di Indonesia. Serta melakukan gerakan aksi yang pasti untuk perubahan menuju tatanan masyarakkat yang adil makmur sentosa tanpa ada penindasann.

Hari ini, kondisi tatanan kenegaraan bangsa sedang dalam keadaan tidak baik - baik saja. Maka mahasiswa sudah waktunya sebagai garda terdepan dalam gerakan perubahan harus kembali turun sebagai penengah daripada perselisihan antar golongan ataupun antar Oposisi.
Mimbar bebas harus dihidupkan kembali, Edukasi Demokrasi harus dimaksimalkan kembali. Itulah tugasnya Mahasiswa.

Penulis: Riven Ayudita
Editor : Damanhury Jab
Publisher: Jab