Mengenal Fenomena Androgini
Cari Berita

Advertisement

Mengenal Fenomena Androgini

4 Des 2018

Foto Penulis. Edited  by Inn (Jab)

Indikatormalang.com- Untuk Anda yang sedang update berita terbaru, tentu sudah tidak asing lagi dengan kata influencer. Influencer merupakan orang-orang yang punya followers atau audience yang cukup banyak di social media dan mereka punya pengaruh yang kuat terhadap follower mereka, seperti artis, selebrgram, blogger, youtuber dan lain sebagainya. Mereka disukai dan dipercaya oleh followers dan audience mereka sehingga apa yang mereka pakai, sampaikan atau lakukan, bisa menginspirasi dan mempengaruhi para followernya.

Sehingga dengan adanya influencer menimbulkan rasa keinginan mengikuti seorang influencer. Maka timbul karakter andorgini.

Apa sih androgini itu? Androgini merupakan seseorang yang memiliki karakter feminim sekaligus maskulin. Karena androgini itu gabungan antara apa yang dianggap maskulin dengan apa yang dianggap feminim, sifat androgini tidak cuma terlihat dari bentuk fisik.

Seorang laki-laki yang mengerjakan rumah tangga, suka warna pink dan suaranya tinggi juga bisa dianggap memiliki karakteristik androgini.
Banyak androgini yang diidentifikasi berada di antara laki-laki dan perempuan dan juga disebut tidak memiliki gender, Oscar Lawalata contohnya. Awas jangan sampai salah mengenalinya sebagai wanita ya.

Pasalnya pria yang bernama lengkap Oscar Septianus Lawalata ini sering mengenakan busana yang terlihat feminim dan cantik dengan rambut hitam panjang yang terurai indah. Namanya dikenal sebagai seorang perancang busana kondang.

Menurut pandangan masyarakat sekitar, mereka bertindak sesuai dengan kebutuhan dan sesuai apa yang dibutuhkan dalam sebuah situasi. Biasanya, orang kreatif dan cerdas cenderung androgini karena mereka lebih adaptif. Misalnya, ketika mereka diitempatkan dalam sebuah situasi yang menekan, perempuan androgini lebih asertif dan independen daripada perempuan feminim.

Uraian tersebut di atas diharapkan merubah pandangan masyarakat tentang androgini. Semoga teori androgini sebagai model baru yang menganggap manusia sempurna ialah apa yang oleh budaya ditentukan sebagai maskulin dan feminim harus berintegrasi pada seseorang.

Jangan berpikiran bahwa androgini adalah transgender, melainkan androgini adalah karakter seseorang yang feminim sekaligus maskulin. Karena mereka memang memiliki keunikan yang baik.

Penulis : Fira Dila Rahayu
Editor :  Damanhury Jab
Publisher: Jab