Mantapkan Pemahaman Mahasiswa akan Tata Rias Drama, Inilah yang dilakukan Mahasiswa PBSI UMM
Cari Berita

Advertisement

Mantapkan Pemahaman Mahasiswa akan Tata Rias Drama, Inilah yang dilakukan Mahasiswa PBSI UMM

12 Des 2018

Patihan Tata Rias. Foto (Mul)

Malang – Pembinaan dan pelatihan tata rias yang dilakukan oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra, Universitas Muhammadiyah Malang (PBSI-UMM) Pada Selasa (11/12/18), dilaksanakan untuk memberikan motivasi peserta akan pentingnya tata rias dan berbusana dalam pementasan drama.

Pembinaan yang dihadiri oleh 32 Mahasiswa dan umum tersebut diharapkan memiliki dasar untuk menghidupkan karakter dan menonjolkan sosok tokoh untuk memberikan kesan kuat pada penonton.

Menurut Lervita Devi sebagai pemateri penyuluhan mengatakan bahwa tata rias dan tata busana sangat berpengaruh dalam pementasan. Selain itu, tata rias dan tata busana mampu merealisasikan tokoh yang  ada di dalam naskah serta mampu memvisualisasikan dalam pementasan drama.

“Pentingnya tata rias dan tata busana memberikan kesan yang membuat penonton jadi terus teringat akan pementasan drama. Penonton akan lebih nyaman pada saat menonton pertunjukan kita, Merias wajah sangat identik dengan mempercantik diri untuk menojolkan karakter setiap orang. Bagi kaum wanita, merias wajah merupakan suatu kebutuhan yang harus terpenuhi untuk mempercantik diri. Begitu juga dalam suatu seni pertunjukkan, dimana aktor dan aktris diwajibkan untuk merias diri sebagai bentuk pemerkuat identitas yang ingin ditunjukkan kepada penonton,” paparnya.

Menurut Anggraini Maulidiana yang kerap dipanggil Anggraini mengatakan jika Merias wajah para tokoh yang berperan dalam pertunjukan menjadi aspek penting untuk membuat karakter wajah pada aktor selain dengan penokohan yang ia bawakan, jelasnya.

Sementara itu, menurut salah seorang peserta, Fatimatuz Roh tata rias dan tata busana sangat penting pada setiap aktor untuk memunculkan keestetikan dan keunikan seorang tokoh yang memiliki peran penting dalam suatu pertunjukan.

Memberikan refleksi sisi sisi terdalam pada seorang aktor. Oleh sebab itu, perlunya kemampuan seorang perias artis untuk memiliki keterampilan dalam merias para aktor dengan baik dan sesuai dengan peran yang diberikan, Merias wajah atau seni merias wajah dalam memperkuat karakter tokoh membutuhkan keterampilan dan kreatifitas para perias. Memberikan efek keindahan pada para tokoh untuk menumbuhkan kepercayaan diri tokoh pada saat berakting di atas panggung.

Untuk menyempurnakan peran yang akan dibawakan oleh tokoh guna untuk mendalami peran yang diberikan. Selain itu keterampilan merias wajah mampu memberikan kesan unik yang menjadi ciri khas seorang tokoh,” ungkap mahasiswa yang kini tengah bergelut dalam dunia sastra.

Reporter:  Mira Frasiska, mahasiswa PBSI UMM)
Editor      :  Damanhury Jab
Publisher:  Jab