Tipu Korbannya Ratusan Juta, Wali Gadungan Ditangkap Polisi
Cari Berita

Advertisement

Tipu Korbannya Ratusan Juta, Wali Gadungan Ditangkap Polisi

10 Sep 2018

Pelaku Bersama Barang Bukti Saat Diamankan Polisi / Foto : Humas Polres Malang




Indikatormalang.com - Amar (52) warga Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung harus meringkuk di tahananan.

Dengan mengaku sebagai keturunan waliyullah dan memiliki keahlian menggandakan uang serta menarik harta karun, Amar melakukan penipuan hingga ratusan juta rupiah kepada para korbannya.

"Kepada pengikutnya, pelaku mengaku bisa menarik harta karun secara gaib. Agar lebih percaya, pelaku kemudian mempraktekkan ritual abal-abal tersebut di tempat praktiknya," terang Humas Polres Malang Ipda Eka Yuliandri Aska, Minggu (9/9/18).

“Kepada para korban, pelaku meminta mahar ratusan juta dan menjanjikan akan mengandakan menjadi milyaran rupiah,” tambah Aska.

Terbongkarnya aksi tipu-tipu ini bermula dari laporan salah satu korban bernama Muslih warga Dusun Legok Kecamatan Kepanjen, yanh mengaku kena tipu dari kegiatan ritual tersebut. Korban telah memberi mahar kepada pelaku sebesar 200 juta.

Oleh pelaku korban diberi sebuah koper yang konon berisi uang milyaran dan sejumlah perhiasan. Korban pun membawanya pulang ke rumah. Namun alangkah terkejutnya, ketika dibuka koper tersebut hanya berisi amplop, potongan kertas, dan emas imitasi.

Dari hasil penangkapan, Polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa alat ritual seperti botol, tasbih, busana muslim, pisau berwarna emas hingga kemeyan.

Selain itu, dari tangan pelaku juga berhasil disita 148 perhiasan emas imitasi, 12 patung berwarna emas, botol berisi batu, tujuh kardus berisi potongan kertas dan amplop, tas, kotak kayu, dan koper.