Mbois Ker, Malang Raya Tuan Rumah JIBBS 2018
Cari Berita

Advertisement

Mbois Ker, Malang Raya Tuan Rumah JIBBS 2018

13 Sep 2018

Salah Satu Sudut Sungai Brantas di Kota Malang yang Tercemar akibat dijadikan Tempat Pembuangan Sampah / Foto: Greener.co

Indikatormalang.com - Peringati hari World Clean Up, Malang Raya nenjadi tuan rumah Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah (JIBBS) 2018. Berdasarkan jadwal dari pihak panitia Agenda JIBBS akan dimulai pada, Kamis (13/9) sampai Sabtu (15/9).

Bertindak sebagai tuan rumah adalah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Salah satu kegiatan yang akan dijalankan dalam kegiatan JIBBS adalah gerakan bersih-bersih Sungai Brantas.

"Agenda ini bersamaan dengan perayaan World Clean Up yang akan diikuti 144 negara, disela-sela pelaksanaan JIBBS, kami akan melakukan bersih-bersih Sungai Brantas yang melibatkan masyarakat,” kata Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang, Renung Rubiartadi.

Selain bersih-bersih sungai dan lingkungan, kegiatan JIBBS yang diikuti oleh 700 peserta dari sejumlah daerah ini juga akan diisi dengan sejumlah diskusi.

Penyelenggaraan JIBBS sendiri sudah memasuki edisi ketiga. JIBBS pertama kali digelar di Kota Surakarta pada tahun 2016 silam. Pada tahun 2018 tema JIBBS mengangkat isu ‘Pembiayaan Pembangunan dan Keberlanjutan Pengelolaan Persampahan’. Tema tersebut diangkat dari tindak lanjut 13 isu persampahan tahun 2016, dan juga karena pada 2019 Indonesia telah menetapkan target akses universal atau 100 % akses sanitasi layak.