Mantabs, Kota Malang Masuk Kota Bintang Empat Versi Kemendagri
Cari Berita

Advertisement

Mantabs, Kota Malang Masuk Kota Bintang Empat Versi Kemendagri

28 Sep 2018

Kampung Warna-warni, Salah Satu Kampung Tematik yang Menjadi Ikon Kota Malang / Foto: Bli

Indikatormalang.com - Selamat, Kota Malang menjadi Kota terbaik Versi Kemendagri. Kota Malang menjadi satu-satunya kota di Indonesia dengan predikat tertinggi yakni empat bintang.

Penghargaan tersebut didapat setelah kota malang dianggap berhasil mendorong tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam membangun daerah. Salah satunya adalah munculnya beberapa kampung tematik yang menjadi ikon wisata kota malang.

Selain Kota Malang, salah satu Kota terbesar di Jawa Timur yakni Kota Surabaya juga masuk kategori Kota Terbaik dengan predikat bintang tiga disusul kota Makasar.

Untuk diketahui, Kemendagri merilis nama-nama Kota Terbaik di Indonesia untuk tahun 2018. Sebanyak 93 kota diseluruh Indonesia dinilai kinerjanya oleh Kemendagri.

Nama-nama kota tersebut tertuang dalam Keputusan Mendagri Nomor 100-53 Tahun 2018 tentang Peringkat dan Status Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional.

Penilaian dibagi ke dalam lima kategori. Untuk menunjukkan kinerja yang baik, masing -masing kota di beri tanda bintang. Semakin banyak bintang yang didapat sebuah kota, maka semakin banyak bintangnya.