DPT Berpotensi Bertambah, KPUD Kabupaten Malang Lakukan Perbaikan
Cari Berita

Advertisement

DPT Berpotensi Bertambah, KPUD Kabupaten Malang Lakukan Perbaikan

26 Sep 2018

KPUD Kabupaten Malang Saat Melakukan Sosialisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan / Foto : Ist.

Indikatormalang.com - Menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2019 mendatang, KPU Kabupaten Malang terus melakukan perbaikan daftar pemilih tetap (DPT). Diperkirakan pada Pemilu mendatang DPT Kabupaten Malang akan mengalami penambahan.

"Kami saat ini terus melakukan pemutakhiran data untuk memperbaiki DPT. Kami akan memperbaiki Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019,” ungkap Santoko, Ketua KPU Kabupaten Malang, dalam acara sosialisasi pemutakhiran daftar pemilih, Rabu (26/9/18).

Menurutnya, perbaikan dilakukan atas dasar kesepakatan rapat pleno rekapitulasi DPT hasil perbaikan tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, pada Minggu lalu (16/9/18).

Masih menurut Santoko, dalam rapat pleno tersebut KPUD diberi waktu 60 hari untuk melakukan perbaikan DPT Pemilu 2019. Kedepan KPUD Kabupaten Malang akan melakukan penyisiran terhadap kemungkinan adanya DPT ganda dan masalah lain seperti masih banyaknya calon pemilih yang belum melakukan perekaman e-KTP. Pasalnya, dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mewajibkan pemilih memiliki KTP-el sebagai syarat sah untuk memilih.

“Saat ini di Kabupaten Malang, jumlah DPT mengalami penurunan sebanyak 6.126. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa pemilih tetap yang telah meninggal dunia atau alih status,” terang Santoko.