Soal Viral Video PKKMB ITN, Ketum IMM: Itu Sebuah Kemunduran
Cari Berita

Advertisement

Soal Viral Video PKKMB ITN, Ketum IMM: Itu Sebuah Kemunduran

16 Sep 2018

Adi Munazir, Ketua Umum Ikatan Mahasiwa Muhaamadiyah (IMM) / Foto : Jab
Indikatormalang.com - Beredarnya rekaman video live IG @humas_itnmalang saat kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2018 membuat kampus ITN kembali jadi sorotan.

Dalam video tersebut mahasiswa diminta bejanji untuk tidak bergabung dengan organisasi apapun yang bersifat perkaderan tampa seijin resmi pimpinan kampus.

Menurut Ketua Umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Malang Raya, Adi Munazir (24) hal tersebut merupakan tindakan yang kontraproduktif dari Perguruan Tinggi.

"Kebijakan sebuah Perguruan Tinggi dalam melakukan pembatasan terhadap gerakan-gerakan yang yang sifatnya aktifis atau aktivitas dari mahasiswa merupakan sebuah kemunduran dari Perguruan Tinggi dalam mencetak calon-calon pemimpin masa depan," ucap Munazir.

Menurutnya, kedepan Indonesia membutuhkan pemimpin-pemimpin yang handal, khususnya pemimpin yang paham masalah sosial politik keummatan dan kebangsaan.

"Saya mengerti betul, kedepannya bangsa dan negara ini membutuhkan sosok pemimpin yang dididik dengan cara-cara khusus, utamanya yang paham akan soal-soal sosial, paham dengan soal-soal yang tidak hanya berhubungan dengan akademik," urai Munazir.

"Aktivitas seorang mahasiswa tidak cukup hanya di internal kampus, aktivitas-aktivitas di luar kampus akan membentuk karakter kepemimpinan, suatu karakter yang bisa disumbangkan untuk kepentingan bangsa dan negara", tegas Munazir.

Menurutnya pembatasan-pembatasan seperti itu tidak perlu terjadi, karena akan mengganggu proses regenerasi kepemimpinan bangsa dan negara akibat hilangnya sikap kritis Mahasiswa.

"Saya menolak keras wacana-wacana seperti itu, karena secara tidak langsung itu merupakan upaya membungkam kritisme mahasiswa," pungkas Munazir.