Video Beredar, ITN Kembali Jadi Sorotan, Ada Apa?
Cari Berita

Advertisement

Video Beredar, ITN Kembali Jadi Sorotan, Ada Apa?

14 Sep 2018

Indikatormalang.com - Beredarnya rekaman video live IG @humas_itnmalang saat kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2018 membuat kampus ITN kembali jadi sorotan.

Dalam video tersebut mahasiswa diminta bejanji untuk tidak bergabung dengan organisasi apapun yang bersifat perkaderan tampa seijin resmi pimpinan kampus.

"Tidak akan melaksanakan dan atau mengikuti kegiatan yang bersifat kaderisasi atau orientasi studi atau latihan-latihan yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa atau organisasi kemahasiswaan dan organisasi politik praktis yang tidak mendapat izin resmi dari pimpinan fakultas," demikian bunyi dalam video tersebut.

Sampai berita ini ditulis, belum diketahui jelas alasan pihak universitas yang melarang mahasiawanya untuk bergabung dalam organisasi seperti disebutkan di atas.

Berdasarkan hasil penelusuran indikatormalang.com, mengacu pada Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidika Nasional Republik Indonesia Nomor : 26/DIKTI/KEP/2002 Tentang Pelarangan Organisasi Ekstra Kampus Atau Partai Politik Dalam Kehidupan Kampus hanya Melarang segala bentuk organisasi ekstra kampus dan Partai Politik membuka Sekretariat (Perwakilan) dan atau melakukan aktivitas politik praktis di kampus.

Bahkan dalam pertimbangannya, Peraturan tersebut mengatakan bahwa untuk perkayaan pengetahuannya, mahasiswa perlu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilakukan, baik oleh organisasi intra maupun organisasi ekstra.