Foto: Masih Mau Buang Sampah Sembarangan? Foto Ini Akan Membuatmu Sedih
Cari Berita

Advertisement

Foto: Masih Mau Buang Sampah Sembarangan? Foto Ini Akan Membuatmu Sedih

16 Sep 2018

 Ikutlah bersama saya ke "Kota Plastik", Pantai Juhu Mumbai, India / Foto:IG@haram_khor
Apakah itu hanya di pantai Juhu Mumbai India, bagaimana di Indonesia? faktanya, hampir 1 ton sampah berhasil dikumpulkan dari  Gerakan Bersih Pantai yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerjasama dengan Pemda Bali dan Our Ocean dalam acara yang bertajuk International Coastal Cleanup (ICC) di Pantai Padang Galak Bali, Sabtu, (15/9/2018).

Bagaimana jika itu dilakukan di semua pantai di Indonesia? padahal ancaman sampah plastik tidak hanya dilautan saja, bisa dibayangkan dampak kengeriannya jika planet ini dipenuhi dengan sampah plastik?

Berikut ini adalah gambaran dampak mengerikan dari pencemaran sampah plastik yang bakal bikin kamu sedih, apakah kamu bisa menghentikannya?.

Jaring Itu Telah Mengekang Kebebasan Kura-Kura, Tentu itu Tidak Mudah. Penyu itu Harus menghabiskan Hayat Hidupnya dalam Belitan Jaring yang dibuang oleh Manusia / Foto : Natural History Museum


"Ini merupakan gambar yang sangat emosional tentang kerusakan yang terjadi di lautan " Ungkap Jordi sang Photografer. Jordi menemukan adegan putus asa ini ketika sedang berlayar di laut antara Barcelona dan Kepulauan Balearic. Awalnya Jordi hendak memotret gerombolan ikan lumba-lumba disekitar laut tersebut. "Saya melihat jaring yang mengambang diatas permukaan laut," kata Jordi. Ketika dia menyelam untuk menyelidiki, dia bisa melihat seekor penyu tempayan yang terjerat dalam belitan jaring. "Makhluk malang itu pasti sudah terperangkap selama beberapa hari, itu sangat mengerikan," Ucap Jordi lirih. Meskipun hanya bisa mencapai permukaan untuk bernapas dengan mengulurkan lehernya, itu penyu itu bisa mati dalam beberapa hari kedepan. "Aku merasa seolah-olah memandangku meminta bantuan karena mencoba menggigit jaring."

Sampah Plastik tidak hanya ada dilautan, namun juga menyebar di hutan, foto ini adalah contoh nyata bagaimana dampak polusi plastik terhadap keberlangsungan kehidupan .  Seekor srigala  malang yang mengalami kelaparan akibat  terjebak dalam botol plastik, mengerikan! (Foto:Tanya Panpalia/Solent News)
 Sebuah Gambar Memilukan ditunjukkan oleh seorang Fotografer bernama Tanay Panpalia (26). Tanay tidak sengaja menemukan serigala India yang terperangkap dalam botol di hutan.  Tanay dari Nagpur, India tengah, mengunjungi sebuah danau bersama teman-temannya. Ketika itu dia melihat segerombolan serigala. Mereka kemudian mengikuti gerombolan serigala tersebut untuk mengambil gambar. Alangkah terkejutnya, ketika melihat salah satu ekor dari gerombolan Serigala tersebut dalam keadaan yang mengerikan seperti terlihat pada gambar.

Oh Tidak, Saya bukan Mummy, Saya Anjing Laut.  Saya Tidak Butuh Plastik, Saya Tidak Berkepentingan dengan Supermarket / Foto : Alaska Departement of Fish and Game
Seekor Singa Laut Mati Tenggelam karena tidak Bisa Berenang. Tubuh Singa Laut tersebut terbungkus Kangtong Palstik Yang dibuang Oleh Manusia. Gambar Memilukan Tersebut diambil oleh Otoritas Nelayan Negara Bagian Alaska Amerika Serikat. Gambar Memilukan tersebut Sengaja dirilis untuk menyadarkan manusia betapa mengerikannya sampah plastik yang hanyut sampai ke Lautan. Betapa satu Kantong plastik bisa memusnahkan kehidupan dan ekosistem laut.

Inilah fakta nyata bagaimana sampah plastik membunuh. Seekor burung ini harus menghempaskan nafas terkahirnya akhibat paruhnya  terjebak sampah plastik / Foto: birdwatching-bliss.com

Sampah plastik dan puing-puing sampah buatan manusia yang hanyut ke lautan bisa mempengaruhi 44% kehidupan dari semua spesies burung laut. Burung-burung tersebut kadang terjerat dalam kail nelayan, tercekik oleh cincin (lingkaran), dan mati karena menelan plastik yang salah untuk dimakanan. Dan itu baru permulaannya. Seperti yang terjadi pada burung Oystercatcher di atas, mati karena kelaparan karena akibat paruhnya tidak bisa digunakan. Paruhnya Terkunci dalam Tutup Botol yang dipatuknya di atas lautan. Burung Oystercatcher merupakan spsesies burung yang hidup dan berburu di atas lautan. (Dk)