Antisipasi Pemilih ganda, Bawaslu Kabupaten Malang Data Ulang DPT
Cari Berita

Advertisement

Antisipasi Pemilih ganda, Bawaslu Kabupaten Malang Data Ulang DPT

9 Sep 2018


Ilustrasi Kartu Pemilih Ganda / Gambar : Ist.


Indikatormalang.com -Mengantisipasi terjadinya polemik Pemilu akibat adanya data ganda DPT, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Malang bergerak cepat dengan melakukan pendataan ulang jumlah DPT.

Pendataan ulang dilakukan setelah ada instruksi dari Bawaslu Pusat terkait temuan pemilih ganda di tahun 2019.

“Sejak pekan lalu kami telah melakukan pendataan ulang DPT," ungkap George da Silva Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang, Minggu (9/9/18).

Bawaslu Kabupaten Malang mengerahkan sebanyak 390 petugas Pengawas Pemilu Desa atau Kelurahan yang tersebar di setiap desa di Kabupaten Malang. Para petugas tersebut dibantu oleh petugas pengawas TPS sebanyak 8.409 orang.

Setelah sepekan dilakukan pendataan ulang, berdasarkan laporan sementara dari 390 petugas Pengawas Pemilu Desa atau Kelurahan yang berkoordinasi dengan petugas pengawas di TPS, belum ditemukan adanya pemilih ganda yang berpotensi menimbulkan polemik.

"Sementara belum ditemukan adanya data pemilih ganda. Jika nanti dilapangan ada atau ditemukan akan kami coret,” ujarnya.

Menurut George, DPT Kabupaten Malang dalam Pemilu 2019 sebanyak 1.992.052 orang. Terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 992.156 orang dan pemilih perempuan sebanyak 999.896 orang.