Keren, Mahasiswa KKN 132 UMM Ciptakan Sirup Daun Jati dan Abon Ontong Pisang
Cari Berita

Advertisement

Keren, Mahasiswa KKN 132 UMM Ciptakan Sirup Daun Jati dan Abon Ontong Pisang

20 Jul 2018

Foto: Dock kegiatan


Indikatormalang.com- Pelatihan pembuatan sirup daun jati dan abon ontong pisang oleh mahasiswa KKN UMM Kelompok 132.

Pada hari Rabu (18/7) pukul 13:30 WIB Divisi Sosial & Budaya serta Divisi Ekonomi dan Kewirausahaan KKN UMM Kelompok 132 dimana kelompok yang dibimbing oleh Bapak Dr. Fauzik Lendriyono S.Sos, M.Si. menjalankan program kerja pelatihan dan sosialisasi pembuatan Sirup Daun Jati dan Abon Ontong Pisang yang dilakukan di balai Desa Duri Kedung Jero, Ngimbang, Kabupaten Lamongan.

Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 30 orang, diantaranya dihadiri oleh Ketua PKK dan Ketua Koperasi Desa Duri Kedung Jero. Hal ini disambut hangat oleh warga yang mengikuti pelatihan karena ini merupakan pertamakalinya warga mengetahui bahwa daun jati dapat diproduksi menjadi sirup serta jantung pisang dapat diproduksi menjadi abon. Dan dengan adanya pelatihan ini, masyakat pun dapat menambah wawasan mereka serta menambah penghasilan dari masyarakat Desa Duri Kedung Jero.

“Saya merasa bangga dan senang karena dari kegiatan yang dilakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama warga desa kami.” ujar

Ketua PKK Desa Duri Kedung Jero di tempat pelatihan.

Pelatihan ini dibuka dengan sambutan oleh Pungky Adydya Achwan, Ketua Divisi Ekomi & Kewirausahaan KKN UMM kelompok 132 dan dilanjutkan penyampaian materi oleh Endah Setia Ningrum, Susalit Suryo Harmawan dan Nur Rekha Aulia Anindita selaku anggota Divisi Sosial & Kebudayaan dan Divisi Ekonomi & Kewirausahaan tentang bagaimana cara pembuatan sirup dari pucuk daun jati dan pembuatan Abon Ontong Pisang serta khasiat yang didapatkan.

Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan sirup daun jati dan abon ontong pisang.
Manfaat dari daun jati sendiri diantaranya mengatasi kolesterol, menurunkan tekanan darah, kaya akan antioksidan dan mengatasi anemia sedangkan manfaat dari abon jantung pisang salah satunya mengurangi kolesterol dan pembentukan sel darah merah.

Ide ini bermula saat Mahasiswa KKN UMM Kelompok 132 melakukan survei lokasi dan melihat banyaknya pohon jati yang tumbuh banyak di wilayah desa Duri Kedung Jero. Jika awalnya daun jati hanya digunakan sebagai pembungkus makanan, kini daun jati pun bisa diolah menjadi barang yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Harapan dari bapak Septi Wahyu Krisdianto selaku Kepala Desa Duri Kedung Jero yakni sirup daun jati "dapat diproduksi dan dipamerkan di Lamongan Tempo Doeloe (Hari Koperasi) yang akan diadakan di Kota Lamongan".

Andung Eko W. selaku koordes kelompok KKN 132 UMM berharap dengan adanya pelatihan yang diberikan terkait sirup daun jati dan abon dari jantung pisang oleh Kelompok KKN diharapkan mampu memberikan inovasi terhadap masyarakat dan menciptakan produk khas dari desa yang ujung-ujungnya akan meningkatkan pendapatan masyarakat Duri Kedung Jero pungkasnya.

Reporter: Jab