Kebahagiaan Anak - Anak Desa Ngajum dan KKN 91 UMM
Cari Berita

Advertisement

Kebahagiaan Anak - Anak Desa Ngajum dan KKN 91 UMM

20 Jul 2018

Dock. Foto:Lia

Indikatormalang.com- Gencarnya gerakan literasi yang sering digiatkan oleh berbagai kalangan baik dari pelajar, maupun komunitas, mengundang ketertarikan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  Kelompok 91 Universitas Muhammadiyah Malang  (KKN 91 UMM) untuk melakukan hal serupa, dengan sasaran masyarakat pedesaan, yang terdiri dari tingkat anak-anak, remaja, dewasa. Pojok Baca diresmikan atau dibuka mulai di Desa Ngajum, Desa Jatisari Kabupaten Malang.Jumat (20/07/2018)

Pojok Baca bertempat di Balai Dusun yang bersebelahan dengan salah satu Taman Kanak-Kanak (TK). Hadirnya Pojok Baca disambut dengan sangat baik oleh masyarakat Desa Ngajum. “Dengan hadirnya Pojok Baca membuat anak-anak membaca buku, dan menambah pengetahuannya, serta dari kami sangat berterima kasih kepada Kakak-kakak yang KKN” Ungkap Erita salah satu warga Desa Jatisari.

Lebih  lanjut Ibu yang salah satu putranya bersekolah di TK DharmaWanita ini berharap pemerintah desa lebih mengembangkan lagi jadi tidak terhenti ketika kakak-kakak KKN sudah pulang” Tandasnya.

Sally Febriyani, salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, menuturkan “ Pojok Baca ini dirumuskan oleh teman-teman kami dari Divisi Pendidikan dan Keagamaan sebagai Program Kerja KKN 91, dengan memanfaatkan perpustakaan dalam artian memrenovasi ulang, mulai dari mengecat, serta digambari tokoh-tokoh kartun lucu yang disukai anak-anak,  untuk buku memang sudah banyak sekali yang sebagian merupakan peninggalan dari KKN kakak tingkat, dan sebagian yang lain memang sudah  ada di perpustakaan di Desa Ngajum, Jatisari,  selain itu di Pojok Baca juga ada, permainan tradisional salah satunya permainan congklak, dan untuk membantu belajar tugas sekolah, serta nonton film edukasi juga.”Pungkasnya.

 “Pojok baca merupakan Program Kerja dari Divisi Pendidikan dan Keagamaan, berdasarkan informasi dari Dosen Pembimbing Lapang (DPL) kami, Ibu Tinuk Dwi, masing-masing divisi harus ada program kerja, dan program kerja itu harus dijalankan, karena itu Pojok Baca merupakan salah satu Program Kerjanya.

Di Ngajum ini sebelumnya memang sudah ada perpustakaan yang tidak diurus atau tidak beroperasi, karena itu dari kami Divisi Pendidikan dan Keagamaan serta teman-teman KKN 91 berinsiatif mengelola perpustakaan tersebut menjadi lebih menarik, sehingga masyarakat lebih giat dalam berliterasi, karena itu kami juga bekerja sama dengan karang taruna untuk mengelola Pojok Baca ketika nanti kami sudah kembali ketempat masing-masing, Pojok Baca ini masih  berkelanjutan, harapanya ada dukungan dari pemerintah desa setempat untuk mengelola Pojok Baca lebih baik lagi, serta buku-buku koleksi diperbarui sehingga masyarakat secara keseluruhan bisa belajar dan untuk menunjang pendidikan.”Kata  Holis Anwar, Salah satu Mahasiswa Ilmu Keperawatan. Hal senada juga diungkapkan Fanny Ramadhani selaku Koordinator Desa (Kordes) bahwa harapanya dengan hadirnya Pojok Baca bisa lebih meningkatkan budaya literasi masyarakat Desa Ngajum, Dusun Jatisari pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

Reporter: Mul