Tips Ibadah Puasa Lancar Badan Tetap Bugar
Cari Berita

Advertisement

Tips Ibadah Puasa Lancar Badan Tetap Bugar

Mas'udi
21 Mei 2018

Indikatormalang.com-Bulan suci ramadhan adalah bulan seribu berkah, bulan yang agung dimana dibukakanya seribu rahmat dan nikmat serta pintu maaf bagi hambanya yang bertaqwa.     Menjalankan ibadah puasa adalah wajib bagi semua ummat muslim sebagaimana yang telah diperintahkan Allah dan Rasulnya kepada semua ummatnya sebagaimana dalam firman-Nya.    “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Qs. Al-Baqarah : 183).    Selama bulan suci ramadhan tentu kita harus terus menjaga kesehatan kita agar tetap lancar dalam menjalankan ibadah puasa serta aktivitas kita tetap berjalan sebagaimana mestinya.  Berikut beberapa tips yang kami rangkum dari berbagai sumber tentang bagaimana menjalankan puasa dengan sehat dan sesuai dengan sunnah Rasulullah.    Pertama, mengatur waktu untuk santap sahur. Rasulullah menganjurkan untuk mrnyantap sahur diakhir waktu.    Kedua, Makanlah dengan porsi yang wajar (tidak berlebih-lebihan) sebagaimana yang diperintahkan oleh rasulullah.  Mengkonsumsi sayaur dan buah-buahan serta jangan lupa perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.    Ketiga, kurangi mengkonsumsi makanan yang terlalu manis karena hal tersebut dapat membuat badan lemas pada siang hari.    Keempat, hindari minuman bercafein seprti kopi atau teh karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dengan cepat.    Kelima, menjaga pola tidur yang sehat  karena bulan puasa bukan bulan untuk bermalas-malasan serta jangan lupa olah raga yang cukup.
Gambar: MyPangandara.com
Indikatormalang.com-Bulan suci ramadhan adalah bulan seribu berkah, bulan yang agung dimana dibukakanya seribu rahmat dan nikmat serta pintu maaf bagi hambanya yang bertaqwa.

Menjalankan ibadah puasa adalah wajib bagi semua ummat muslim sebagaimana yang telah diperintahkan Allah dan Rasulnya kepada semua ummatnya sebagaimana dalam firman-Nya.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Qs. Al-Baqarah : 183).

Selama bulan suci ramadhan tentu kita harus terus menjaga kesehatan kita agar tetap lancar dalam menjalankan ibadah puasa serta aktivitas kita tetap berjalan sebagaimana mestinya. Berikut beberapa tips yang kami rangkum dari berbagai sumber tentang bagaimana menjalankan puasa dengan sehat dan sesuai dengan sunnah Rasulullah.

Pertama, mengatur waktu untuk santap sahur. Rasulullah menganjurkan untuk mrnyantap sahur diakhir waktu.

Kedua, Makanlah dengan porsi yang wajar (tidak berlebih-lebihan) sebagaimana yang diperintahkan oleh rasulullah.  Mengkonsumsi sayaur dan buah-buahan serta jangan lupa perbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Ketiga, kurangi mengkonsumsi makanan yang terlalu manis karena hal tersebut dapat membuat badan lemas pada siang hari.

Keempat, hindari minuman bercafein seprti kopi atau teh karena dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan dengan cepat.

Kelima, menjaga pola tidur yang sehat  karena bulan puasa bukan bulan untuk bermalas-malasan serta jangan lupa olah raga yang cukup.