Ratusan Masyarakat Kota Malang Deklarasi Siaga Bersama, Apa Isinya?
Cari Berita

Advertisement

Ratusan Masyarakat Kota Malang Deklarasi Siaga Bersama, Apa Isinya?

20 Mei 2018

Deklarasi Siaga Bersama Kota Malang Dalam Rangka Peringati Hari Kebangitan Nasional, Minggu (20/08/18)
Indikatormalang.com - Ratusan masyarakat Kota Malang yang tergabung dalam berbagai  organisasi masyarakat (ORMAS) dan Organisasi Kepemudaan (OKP)  berkumpul di halaman Balai Kota Malang Jalan Tugu No. 1 Malang, Minggu (20/08/18).

Mereka menggelar peringatan Hari Kebangkitan Nasional dalam bentuk apel bersama, orasi dan Deklarasi Siaga Bersama sebagai bentuk komitmen menjaga kondusifitas Kota Malang dari berbagai ancaman yang ada.

"Apel siaga bersama ini menjadi komitmen bersama untuk menjaga Kota Malang tetap kondusif dari radikalisme, terorisme, ujaran kebencian, hoaks, dan segala upaya untuk memecah belah umat, umara, dan aparat keamanan," kata Pjs Wali Kota Malang Wahid Wahyudi saat memimpin acara tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, hal senada juga disampaikan Ketua PC GP Ansor Kota Malang, HM. Nur Junaidi Amin, menurutnya, kegiatan tersebut sebagai bentuk kesiapan bersama untuk menjaga kota Malang tetap kondusif.

“Apel ini sebagai bentuk kesiapan kami para pemuda, santri, Banser, dan seluruh elemen masyarakat bersama TNI-Polri untuk bersama-sama siaga menjaga Kota Malang tetap kondusif,’’ ujarnya

Peneguhan komitmen tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk deklarasi Siaga Bersama dengan 6 poin peryataan sikap bersama, berikut pernyataannya:

Kami keluarga besar ormas yang ada di wilayah kota Malang, Dengan ini menyatakan :
  1. Turut berbelasungkawa atas jatuhnya korban tindakan terorisme di Mako Brimob Kelapa dua Depok Jawa Barat, Surabaya dan Polda Riau 
  2. Mengutuk keras segala bentuk tindakan Terorisme 
  3. Menolak berkembangnya faham radikal khususnya di kota Malang. 
  4. Siap mendukung TNI / Polri dalam penanggulangan radikalisme dan pencegahan aksi terorisme khususnya di kota Malang 
  5. Siap melaksanakan Pilkada Wali kota dan Gubenur dengan aman dan damai 
  6. Siap mempertahankan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI Harga Mati Yes Yes

Pewarta: Jap