Prodi PPKN (Civic Hukum) Gelar Debat Pancasila Se-Malang Raya
Cari Berita

Advertisement

Prodi PPKN (Civic Hukum) Gelar Debat Pancasila Se-Malang Raya

15 Mei 2018

Foto : usai kegiatan lomba debat pancasila, panitia dosen PPKn dan peserta melakukan foto bersama.
Indikatormalang.com - Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP UMM) sukses menyelenggarakan Lomba Debat Pancasila tingkat SMA/MA/SMK dan sederajat Se-Malang Raya pada hari Sabtu (12/05) di Aula GKB IV Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Prodi PPKn UMM, Selasa (15/05/18).

Peserta debat Pancasila yang di ikuti oleh siswa SMA maupun SMK yang ada di kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu tersebut dibuka langsung oleh Dr. Sudiran, M.Hum selaku Wakil Dekan I FKIP-UMM.

Ketua Prodi PPKn (Civic Hukum), Drs. Mansur Ibrahim, M.Hum mengatakan bahwa kegiatan debat pancasila tersebut merupakan tanggungjawab moral semua pihak dalam tangka menanamkan nilai-nilai luhur yang terbuka dalam setiap pribadi warga negara Indonesia, khususnya bagi siswa.

"Kegiatan ini muncul sikap terbuka dan adanya rasa tanggung jawab sehingga harapnya tertanam nilai- keterbukaan yang ada di dalam diri adek-adek semua" tutur Drs.Mansur Ibrahim, M.Hum kepada Indikator Malang.

"Semoga adek-adek ke depannya dengan kegiatan ini mempunyai pengalaman," lanjutnya.

Sementara itu Dr. Sudiran, M.Hum menyatakan, Pancasila merupakan dasar negara indonesia yang nilai-nilainya harus di terapkan dalam kehidupan sehari- hari.

"Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang nilai-nilainya harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

"Di Era Revolusi Industri 4.0 perkembangan sangat pesat terjadi di berbagai bidang termasuk pendidikan, oleh karena itu dalam lomba debat ini para siswa akan diuji terkait critical thinking mereka" lanjutnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir Dosen Prodi PPKn, Mahasiswa PPKn, Siswa /Siswi SMA/MA /SMK Se Malang Raya, dan Guru Pendamping setiap tim perwakilan sekolah masing-masing.

Pewarta : Taufiq