Hebat! SMAN 1 Ngantang Bawa Pulang Tropi Juara Lomba Debat Pancasila Se-Malang Raya
Cari Berita

Advertisement

Hebat! SMAN 1 Ngantang Bawa Pulang Tropi Juara Lomba Debat Pancasila Se-Malang Raya

15 Mei 2018

Foto : Peserta tim juara melakukan foto bersama.
Indikatormalang.com - pada kegiatan lomba debat Pancasila SMA/MA/SMK sederajat yang di selenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang ( FKIP UMM), pada hari Sabtu (12/05) lalu. SMA Negeri 1 Ngantang berhasil meraih juara 1, Selasa (15/05/18).

Drs. Muh Sunarno Guru pendamping SMA Negeri 1 Ngantang mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan lomba debat pancasila tersebut. Menurutnya, SMAN 1 Ngantang merupakan salah satu sekolah yang terpinggirkan tapi mampu meraih juara 1.

"Sangat senang sekali tentunya karena kami dari SMA pinggiran, SMA Kabupaten paling barat ngantang selain memperkenalkan sekolah kami dan UMM bisa lebih dikenal dengan kegiatan ini sangat melatih anak anak didik kami untuk tampil dan mengasah mental anak didik kami," ungkapnya.

"Saya tidak menyangka karena persiapan yang hanya beberapa hari saja dengan kegiatan sekolah yang begitu padat ketiga anak didik kami yang di percaya membawa nama baik sekolah berhasil meraih tropi juara," lanjutnya.

Lebih lanjut Drs. Muh Sunarno berharap, Semoga kegiatan seperti itu terus belanjut karena sangat melatih generasi muda untuk terus belajar memahami dan menjujung tinggi nilai-nilai Pancasila.

"Kegiatan ini harus tetap berlanjut karna sangat melatih anak didik SMA/MA/SMK untuk tampil karena sebenarnya kalah dan menang tidak menjadi tujuan dalam kompetisi ini, karna yang terpenting melatih mental anak didik," harapnya.

Sementara itu Yolandha Sephiana Nurhaliza salah satu anggota tim debat pancasila dari SMA Negeri 1 Ngantang mengatakan bahwa timnya tidak menyangkan akan meraih juara 1 dalam kompetisi tersebut. Namun, berkat usaha dan doa yang baik, timnya bisa meraih juara.

"Kami tidak menyangka bisa membawa pulang tropi juara 1 pada kegiatan yang sangat luar biasa ini, dengan usaha, doa dan niat yang sungguh-sungguh dalam waktu 2 hari kami berlatih dan Alhamdulilah bisa memberikan prestasi bagi sekolah kami," tuturnya kepada Indikator Malang.

Seperti yang diketahui, Juara 1 Lomba Debat Pancasila diraih oleh SMA Negeri 1 Ngantang dengan anggota tim Alifia Niken Sefiana, Marshanda Sephiana Nurhaliza, dan Yolandha Sephiani Nurhafifah dengan perolehan skor 979.

Kemudian Juara 2 Lomba Debat Pancasila diraih oleh SMA Negeri 1 Tumpang dengan anggota tim Olnes T.M.S, Alfin Nur Cahyani, dan Anggi Okvitasari dengan perolehan skor 891.

Sedangkan Juara 3 Lomba Debat Pancasila diraih oleh SMK PGRI 3 Malang dengan anggota Moch. Dwiky Darmawan Rosidi, Yogi Acil Prastowo, dan Deri Irdiantoro dengan perolehan 878 yang unggul tipis melawan SMA Negeri 1 Kepanjen Tim A dengan perolehan skor 873.

Selanjutnya kegiatan di tutup dengan penyerahan tropi, piagam penghargaan dan Uang Pembinaan oleh Drs. M. Mansur Ibrahim, M.Hum selaku Kaprodi PPKn didampingi oleh para juri yang di serahakan kepada masing-masing juara 1, juara 2 dan juara 3.

Reporter : Taufiq